Super Mario Bros Ukir Rekor Game Termahal Dunia, Laku Rp 28 Miliar!

Super Mario Bros Ukir Rekor Game Termahal Dunia, Laku Rp 28 Miliar!

Virgina Maulita Putri - detikInet
Senin, 09 Agu 2021 10:15 WIB
Super Mario Bros. pecahkan rekor game termahal di dunia
Super Mario Bros Pecahkan Rekor Game Termahal di Dunia, Terjual Rp 28 Miliar! Foto: Rally/James Kern
Jakarta -

Super Mario Bros. memecahkan rekor sebagai game termahal di dunia. Belum lama ini cartridge Super Mario Bros. dari tahun 1985 terjual dengan harga USD 2 juta atau sekitar RP 28 miliar!

Cartridge Super Mario Bros. ini dijual dalam kondisi belum dibuka dan mendapatkan rating 9,8 A+ dari Wata yang artinya game masih dalam kondisi luar biasa dan seperti baru. Tidak seperti game termahal di dunia lainnya, cartridge Super Mario Bros. ini tidak dijual lewat lelang. Game ini dijual lewat Rally, sebuah platform investasi aset alternatif.

Seperti dikutip dari Engadget, Senin (9/8/2021) Rally membeli barang koleksi dalam bentuk fisik, seperti game atau komik langka, dan melakukan 'penawaran awal' dimana orang-orang bisa membeli saham untuk produk tersebut.

Ketika kolektor ingin membeli sebuah produk dari Rally, mereka akan memberikan penawarannya ke semua pemegang saham, dan para pemegang saham bisa melakukan voting untuk menerima penawarannya atau tidak.



Dalam kasus penjualan Super Mario Bros. kali ini, Rally memberi cartridge tersebut dengan harga USD 140.000 pada April 2020. Di tahun yang sama, cartridge tersebut ditawar oleh kolektor dengan harga USD 300.000 tapi para pemegang saham menolak penawaran tersebut.

Bahkan dengan penawaran USD 2 juta pun ada beberapa pemegang saham yang tidak ingin berpisah dengan game tersebut. Sekitar seperempat dari pemegang saham mengaku menolak penawaran tersebut.

Game Super Mario Bros. ini merupakan pemegang rekor game termahal di dunia terbaru. Dalam setahun terakhir, rekor tersebut sudah dipecahkan berkali-kali.

Pada Juli 202, game Super Mario Bros. terjual dengan harga USD 114.000 di lelang. Pada bulan November, cartridge Super Mario Bros. 3 memecahkan rekor tersebut setelah laku USD 156.000 di lelang.

Kemudian, rekor tersebut kembali dipecahkan pada April 2021 setelah cartridge Super Mario Bros. terjual dengan harga USD 660.000 di lelang, diikuti dengan cartridge The Legend of Zelda yang terjual USD 870.000 pada Juli 2021. Tidak lama kemudian, game Super Mario Bros. lainnya kembali memecahkan rekor setelah terjual USD 1,5 juta.

(vmp/vmp)