Keren! Game Buatan Bandung Telah Didownload Puluhan Juta Kali

Hari Game Indonesia

Keren! Game Buatan Bandung Telah Didownload Puluhan Juta Kali

Adi Fida Rahman - detikInet
Minggu, 08 Agu 2021 20:15 WIB
Own Game
Game buatan Own Game telah didownload puluhan juta kali. Foto: dok Own Game
Jakarta -

Menyambut Hari Game Indonesia, sudah banyak prestasi membanggakan berhasil ditorehkan anak negeri di jagat teknologi. Salah satunya perusahaan developer dan penerbit game asal Bandung, Own Game. Karya yang mereka buat telah didownload puluhan juta kali.

Bukan angka yang sedikit tentunya. Salah satu karya mereka yang sangat populer adalah Tahu Bulat, game ini telah didownload hingga 11 juta kali.

Mulanya, Own Games resmi didirikan pada tahun 2013 beranggotakan dua orang tim. Dalam kurun delapan tahun perusahaan ini berhasil berkembang dengan jumlah tim meningkat hampir sepuluh kali lipat.

Pembuatan game dikerjakan secara in-house, dari mulai menggambar, pembuatan kode program, hingga penerbitan game. Fokus perusahaan ini adalah memproduksi game mobile dan web yang dapat dimainkan di smartphone, khususnya berbasis Android.

Kini, 15 jenis game yang telah di produksi Own Games yang sudah tersedia di Google Play Store.

Own GameKoleksi game buatan Own Game. Foto: dok Own Game

Eldwin Viriya, Co Founder dan CEO Own Games mengungkapkan meski mulanya berfokus pada pasar lokal, dia melihat banyak peluang global yang bisa dimanfaatkan developer Indonesia. Bermitra dengan Google mereka berhasil mengepakkan sayapnya lebih luas.

"Google selalu ada untuk kami dalam acara App Summit / Launch Pad. Peluang untuk membangun jaringan dengan penerbit aplikasi sangat berharga untuk pertumbuhan kami sebagai developer lokal. Baru-baru ini, pandemi telah menciptakan situasi yang menantang bagi kami, tetapi di tengahnya kami
berhasil menjelajahi game HTML5 sebagai jalan baru yang membuka peluang bisnis baru dengan aplikasi super internasional. Google telah menjadi mitra sejati bagi kami, dengan membantu kami mengoptimalkan aplikasi," tutur Eldwin.

Own Games mendorong developer lokal untuk terus bereksplorasi dan bekerja agar menempatkan Indonesia di peta global developer game. Upaya Own Games ini ditujukan dengan fokus game yang awalnya hypercasual, kini merambat untuk menjelajahi game hardcore.

Untuk bereksplorasi, sejak tahun 2018 Own Games mulai berekspansi ke media lain. Salah satunya Own Comics, ini adalah sebuah web comic yang tayang setiap hari dan bisa dibaca secara gratis melalui di website resmi Own Games .



Simak Video "Daftar 151 Aplikasi Penipu yang Harus Segera Dihapus dari HP"
[Gambas:Video 20detik]
(afr/fay)