Cartridge Legend of Zelda Langka Dilelang Rp 1,5 Miliar

Cartridge Legend of Zelda Langka Dilelang Rp 1,5 Miliar

Virgina Maulita Putri - detikInet
Rabu, 07 Jul 2021 07:45 WIB
Karakter Nintendo, Link, Zelda
Cartridge Legend of Zelda Langka Dilelang Rp 1,5 Miliar Foto: Nintendo.com
Jakarta -

Cartridge game Legend of Zelda untuk konsol NES yang langka dan dalam kondisi masih disegel dilelang dengan harga fantastis. Saat ini cartridge game dari tahun 1987 tersebut ditawar dengan harga USD 110.000 atau sekitar Rp 1,5 miliar.

Lelang ini akan dibuka sampai tanggal 9 Juli dan harganya diperkirakan akan semakin tinggi. Cartridge ini dilelang oleh Heritage Auctions yang menyebut game ini sebagai 'holy grail' atau cawan suci.

Berdasarkan deskripsi di situs Heritage Auctions, cartridge ini dianggap spesial karena merupakan varian awal yang diproduksi hanya selama beberapa bulan pada tahun 1987. Varian ini memiliki kode 'NES R', dan kemudian digantikan oleh varian 'Rev-A' pada awal tahun 1988.

Selain varian NES R, ada satu varian lagi yang lebih langka yaitu 'NES TM' yang merupakan hasil produksi pertama. Varian NES TM ini disebut sebagai varian yang paling berharga dan kabarnya hanya ada satu salinan yang masih tersegel di luar sana.

Tidak diketahui apakah cartridge varian NES TM ini akan muncul di publik. Jadi saat ini cartridge Legend of Zelda yang paling langka dan berharga di pasaran adalah varian NES R yang dilelang ini, seperti dikutip dari ScreenRant, Rabu (7/7/2021).

Cartridge Legend of Zelda langka dilelangCartridge Legend of Zelda langka dilelang Foto: Heritage Auctions

Cartridge Legend of Zelda yang masih disegel ini telah dinilai secara profesional oleh WataGames, dan mendapatkan skor 9.0 untuk kondisinya dan nilai A untuk kualitas segelnya.

Untuk penggemar dan kolektor yang mencari versi lebih terjangkau, Heritage Auctions juga melelang cartridge Legend of Zelda varian Rev-A dengan penawaran saat ini sebesar USD 16.500.

Walau harga cartridge Legend of Zelda ini terbilang fantastis, ini bukanlah game termahal yang pernah dijual. Pada bulan April, salinan cartridge Super Mario Bros. yang masih tersegel terjual dengan harga USD 660.000 atau sekitar Rp 9,5 miliar

Tahun ini menandakan ulang tahun franchise Legend of Zelda yang genap berusia 35 tahun. Untuk merayakan peringatan ini, Nintendo merilis konsol mini Game & Watch edisi Zelda dan game The Legend of Zelda: Skyward Sword HD untuk Switch.



Simak Video "Mengintip Penampakan Nintendo Switch OLED yang Baru Dirilis"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/afr)