Cedera Jempol, Atlet eSports Tenar Ini Pensiun Dini

Cedera Jempol, Atlet eSports Tenar Ini Pensiun Dini

Fino Yurio Kristo - detikInet
Jumat, 22 Jan 2021 11:00 WIB
Thomazs ‘ZooMaa’ Paparatto
Thomazs 'ZooMaa' Paparatto. Foto: BBC
Jakarta -

Potensi cedera tak hanya berlaku di olahraga lapangan seperti sepakbola, tapi ternyata juga dapat terjadi dalam dunia eSports. Seorang atlet eSports tenar, Thomazs 'ZooMaa' Paparatto sampai mengambil keputusan pensiun dini karena mengalami cedera.

Thomas adalah jagoan dalam turnamen Call of Duty dan baru berusia 25 tahun. Ia mengalami cedera di jempol lantaran terlalu intensif main game. Thomas mengaku sudah tak tahan bermain dengan rasa sakit itu sehingga tak memungkinkan untuk meneruskan karirnya.

"Hati saya terluka untuk menjauh dari game yang seluruh hati dan jiwa saya berikan setiap hari selama 8 tahun," cuitnya di Twitter.

Saat ini, Thomas membela tim eSports New York Sublimers. Rupanya, dia sudah cukup lama berjuang mencoba mengatasi cederanya dan butuh tindakan operasi.

"Melalui proses untuk sehat kembali merupakan salah satu hal terberat yang pernah saya alami baik secara fisik dan mental, berujung pada banyak stres dan kekhawatiran," tambahnya.

Cedera di jempol itu membuatnya kesulitan bersaing dengan para gamer terbaik Call of Duty. Maka ia memutuskan berhenti saja ketimbang merugikan dirinya sendiri atau timnya karena tidak bisa lagi tampil seperti dulu.

Thomas tetap merasa bersyukur bisa bermain cukup lama sebagai atlet eSports dan juga dukungan yang diberikan padanya. "Saya menjumpai banyak orang mengagumkan melalui eSports dan menjalin banyak persahabatan yang akan terus saya jalin seumur hidup," lanjutnya.

Thomas memulai karir profesionalnya sebagai gamer eSports pada tahun 2013. Dia menjadi pemain bintang bersama tim Denial Sports yang kerap memenangkan turnamen bergengsi.



Simak Video "DG Esports Berlaga di CODM World Championship 2020 Wakili Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)