4 Pertimbangan Memilih Game Mobile vs PC

4 Pertimbangan Memilih Game Mobile vs PC

Irna Gayatri - Content Writer RRQ - detikInet
Jumat, 15 Jan 2021 21:15 WIB
Sejarah Esports: PC Gaming
Ilustrasi pemain PC gaming (Tech Loot)
Jakarta -

Kalau soal selera memang sulit untuk didebatkan, tapi pasti ada alasan tertentu soal pemilihan platform gaming para pemain. Apalagi baik mobile gaming atau PC gaming sama-sama punya keunggulan tertentu yang membuat pemainnya setia.

Di balik itu semua tentunya ada kapasitas si pemain di dalam pemilihan dan faktor-faktor lainnya. Namun, akan selalu ada alasan bagi gamer memilih model gaming favoritnya. Inilah pertimbangannya:

1. Beda spesifikasi, beda rasa

PC gaming konamiPC gaming konami Foto: Konami

Tentu para penggiat industri game ingin menghadirkan mesin terbaik bagi para pemainnya. Tidak heran jika seiring berjalannya waktu banyak alat-alat gaming mutakhir yang terjual di banyak tempat. Dari segi grafik, tentu game PC lebih unggul karena menggunakan mesin yang jauh lebih tinggi daripada PC. Akan tetapi para pengembang produk gaming mobile juga tidak mau kalah. Kita bisa temukan beberapa produk yang dikhususkan untuk main game dengan spec unggulan.

Para produk flagship mobile yang disebar luar di seluruh dunia sudah punya spesifikasi yang mendukung grafis Ultra HD. Kelebihan mereka yang memang diperuntukkan main game-game berat mampu menghadirkan pengalaman gaming yang jauh berbeda dari gadget lainnya. Dari segi harga, tentu kalian harus merogoh kocek agak dalam karena harga memang tidak membohongi kualitas.

Di sisi lain, game PC sudah jauh berkembang sejak bermunculan processor, RAM, hingga graphic card yang canggih. Kebutuhan gaming kalian pun akan terpenuhi jika mampu membeli produk-produk modern ini. Tentunya harga yang dibanderol cukup tinggi dan bahkan menyentuh puluhan juta rupiah kalau kalian ingin memaksimalkan PC gaming kalian.

Dari kedua produk tersebut, tentu ada kebutuhan dan kemampuan yang terpenuhi. Baik PC gaming atau mobile gaming sama-sama menghadirkan kualitas permainan sesuai dengan kapasitas mereka. Keduanya juga membutuhkan effort lebih dari para pemain kalau kalian menginginkan yang terbaik.

2. Pengaruh tren gaming

Istilah warnet di Indonesia sangat booming pada periode tahun 2005-2012. Pada saat itu, kebutuhan handphone memang dikhususkan untuk komunikasi saja dan hanya sedikit game yang disediakan oleh sang pengembang produk. Oleh karena itu, para pemain di Indonesia lebih sering ke warnet daripada harus main game Snake atau Bounce Ball di handphone kala itu.

Akan tetapi, zaman pun terus berkembang dan hadir Android di Tanah Air. Dari sini, game mulai digemari karena punya variasi yang bisa memuaskan hasrat para pemain. Bukannya kalah, tapi industri PC gaming di Indonesia jadi lebih eksklusif dibanding mobile gaming. Alasannya adalah soal harga dan efisiensi kebutuhan para pemain. Kalian tidak perlu repot-repot jalan ke warnet dan membayar billing untuk bermain atau build PC game yang notabene punya harga jauh daripada smartphone.

Sejak adanya mobile game, kalian bisa main game dengan mudahnya di rumah. Kemudahan ini sepertinya yang diincar oleh para pemain. Selain minim effort, kalian juga bisa membeli smartphone dengan harga yang cukup murah. Tidak heran kalau tren gaming di Indonesia berpindah dari PC ke mobile. Selera dan hasrat si pemain akan sangat berpengaruh, terlebih soal kapasitas uang di kantung yang menyokong kegiatan gaming tiap pemain.

Halaman selanjutnya: jumlah pemain dan variasi game...



Simak Video "Belum Optimal, Bos RRQ Dorong Pemerintah Benahi Ekosistem eSports"
[Gambas:Video 20detik]