5 Alasan Esports Digandrungi Saat Ini

5 Alasan Esports Digandrungi Saat Ini

Irna Gayatri - Content Writer RRQ - detikInet
Sabtu, 05 Des 2020 20:55 WIB
Ilustrasi Esports
Foto: (JC Gellidon via Unsplash)
Jakarta -

Popularitas esports memang dapat dibilang meningkat selama pandemi. Orang-orang yang tak bisa beraktivitas di luar rumah jadi lebih banyak menghabiskan waktu dengan bermain game di rumah.

Namun, esports menjadi populer bukan hanya karena itu. Ada 5 hal penting yang melatarbelakangi kepopuleran esports, khususnya di tengah kemajuan teknologi seperti sekarang ini. Langsung saja simak uraiannya berikut ini.

1. Orang suka menonton orang lain main game

Sama seperti ketika menonton sepak bola atau basket, orang-orang juga suka menonton orang lain bermain game. Meski mungkin mereka sendiri tidak sesering itu atau sehebat itu bermain game, ada kesenangan yang berbeda ketika melihat orang lain yang jago memainkan game kesukaannya. Kebiasaan ini sebenarnya sudah terbangun sejak lama, misalnya ketika rental PlayStation atau warnet masih menjamur. Ada saja pengunjung yang hanya bermain sebentar, namun tetap berada di warnet atau rental PlayStation tersebut untuk menonton orang lain bermain.

Ketika memasuki era digital, esports mewadahi kegemaran ini dengan baik, dimulai dari pengadaan turnamen yang kompetitif hingga bursa pemain yang dinamis. Pada akhirnya, berawal dari suka menonton orang lain bermain game, orang-orang akhirnya mengikuti esports hingga berita transfer pemain dan pergelaran setiap turnamennya.

Ilustrasi EsportsFoto: (Fredrick Tendong via Unsplash)

2. Bisa bersosialisasi dan dekat dengan idola

Manusia itu pada dasarnya memang makhluk sosial yang butuh bersosialisasi. Untuk bisa bersosialisasi, orang membutuhkan paling tidak satu kesamaan dengan orang lain. Kesamaan ini salah satunya bisa jadi kegemaran bermain game. Esports tak hanya menyatukan kegemaran bermain game dengan jiwa kompetitif untuk bersaing dalam turnamen, tetapi juga kemudahan berinteraksi antara player atau tim dengan para penggemarnya.

Para pro player esports, dibandingkan atlet dari cabang olahraga lain, tak segan menyediakan waktu untuk menyapa penggemar dan pendukung mereka setiap hari melalui channel live streaming mereka. Hal ini membuat jarak mereka dengan para penggemar sedekat chat saat live streaming. Kita banyak belajar dari pandemi saat ini bahwa interaksi tak harus berupa pertemuan langsung.

Esports membuktikan bahwa interaksi yang sederhana antara fans dan tim atau player idola mereka terbukti efektif, meski hanya sebatas menjawab pertanyaan yang muncul di chat. Karena tak berjarak itulah, esports jadi cukup digemari saat ini. Bagaimana pun, kalian tentu senang kalau bisa berinteraksi langsung dengan idola kalian, kan?



Simak Video "Berawal dari Hobi Main PUBG, Olla Ramlan Bikin Tim Esports"
[Gambas:Video 20detik]