Parah! 3.500 PS5 Diborong Calo untuk Dijual Lagi

Parah! 3.500 PS5 Diborong Calo untuk Dijual Lagi

Virgina Maulita Putri - detikInet
Rabu, 25 Nov 2020 20:44 WIB
PS5
3.500 Unit PS5 Diborong Calo untuk Dijual Lagi Foto: YouTube
Jakarta -

Sejak diluncurkan di lebih banyak negara pada 19 November lalu, PlayStation 5 masih sulit ditemukan karena sudah habis terjual dimana-mana. Ternyata banyak dari unit yang terjual habis diborong oleh calo untuk dijual kembali.

Seperti yang terjadi di Inggris, salah satu negara di mana penjualan PS5 menemui banyak masalah. Sebuah kelompok calo di negara tersebut yang bernama CrepChiefNotify bahkan berhasil memborong hampir ribuan unit PS5.

"Jumlah total kolektif kami adalah 2.472 konsol PS5 untuk semua anggota kami," kata manajer CrepChiefNotify Tom kepada Business Insider, seperti dikutip detikINET Rabu (25/11/2020).

Jumlah tersebut belum termasuk sekitar 1.000 unit yang dipesan saat pre-order PS5 dibuka pada bulan September. Secara total, CrepChiefNotify berhasil mengumpulkan hampir 3.500 konsol untuk dijual kembali dengan harga yang lebih mahal.

Sony tidak menjabarkan berapa jumlah konsol PS5 yang bisa dibeli gamer di Inggris. Tapi jika hanya satu grup calo saja berhasil membeli hampir 3.500 unit, maka dampaknya terhadap stok tentu cukup besar.

Untuk memborong PS5 dalam waktu singkat, CrepChiefNotify menggunakan bot untuk memonitor semua situs peritel saat PS5 mulai dijual. Bot lainnya juga digunakan untuk melewati antrean dan waktu tunggu agar bisa membeli PS5 lebih cepat ketimbang mereka yang membeli secara manual.

CrepChiefNotify sendiri merupakan grup calo berpengalaman yang sebelumnya fokus untuk membeli sneakers edisi terbatas untuk dijual kembali. Mereka bahkan menjajakan layanan botnya untuk masyarakat umum dengan harga mulai dari 29.99 Poundsterling hingga 399 Poundsterling.

"Pengembang bot telah melihat kenaikan permintaan untuk konsol generasi selanjutnya dan telah mengubah fokus mereka dari bot yang fokus ke sneakers menjadi bot multiguna untuk elektronik," kata Tom.

Sementara itu, para calo yang mencari keuntungan dari PS5 menjual konsol tersebut dengan harga gila-gilaan di eBay dan media sosial. Seorang reseller menjual PS5 dengan harga USD 1.100 untuk versi standar dengan disk, dua kali lipat dari harga aslinya.

Penjualan PS5 di Inggris memang tidak berjalan mulus sejak diluncurkan pada 19 November lalu. Contohnya seperti konsumen yang memesan konsol idamannya lewat Amazon justru mendapatkan paket berisi sekarung beras, makanan kucing hingga penanak nasi.



Simak Video "Bongkar Jeroan Ajaib PlayStation 5"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)