Fitur Ini Bakal Segera Dihadirkan di PS5

Fitur Ini Bakal Segera Dihadirkan di PS5

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Rabu, 25 Nov 2020 06:08 WIB
PS5
Foto: istimewa
Jakarta -

Ada satu fitur yang sempat dijanjikan oleh Sony bakal ada di PlayStation 5 (PS5), namun belum tersedia saat konsol tersebut sudah diluncurkan. Yaitu Variable Refresh Rate (VRR).

Padahal, PS5 sudah menggunakan HDMI 2.1, yang secara teknis sudah mendukung VRR. Namun tenang saja, Sony menjanjikan kalau fitur tersebut saat ini tengah mereka garap, dan bakal dihadirkan dalam waktu dekat.

Hal tersebut dijelaskan Sony dalam laman FAQ di Official PlayStation Blog. Menurut Sony, fitur yang bisa dijalankan lewat HDMI 2.1 itu bakal dihadirkan dalam pembaruan software.

Di sisi lain, konsol besutan Microsoft seperti Xbox Series X dan Series S sudah mendukung fitur tersebut. Dan terbukti fitur tersebut memang menjadi tambahan menarik untuk para gamer konsol.

Sebagai informasi, VRR adalah fitur yang membuat konsol (atau perangkat lain seperti PC) bisa melakukan sinkronisasi dengan TV. Yaitu menyesuaikan refresh rate di TV dengan frame rate yang bisa dihasilkan oleh konsol.

Alhasil, pengalaman bermain game pun akan meningkat dengan tampilan gambar yang lebih mulus. Utamanya karena konsol generasi baru seperti Xbox Series X dan PS5 memang mendukung frame rate tinggi mencapai 120fps.

Frame rate setinggi ini kemungkinan besar tak akan bisa dihasilkan secara konstan oleh konsol dalam setiap adegan di game yang sedang dimainkan. 120fps ini mungkin bisa dicapai saat adegan yang sedang ditampilkan tak terlalu rumit.

Namun dalam adegan yang lebih kompleks, kemungkinan besar frame ratenya akan menurun, dan jika refresh rate di TV tak menyesuaikan, maka akan muncul sesuatu yang disebut sebagai screen tear, atau gambar terlihat tersendat.

Hanya saja, perlu diingat oleh pengguna PS5, untuk menjalankan fitur ini, mereka pun butuh TV yang mendukung VRR. Yaitu TV yang mempunyai koneksi HDMI 2.1.



Simak Video "Viral Netizen Pamer 'Punya' PS5 di Instagram, Begini Caranya"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/afr)