Cara Memainkan PS5 dengan Resolusi 4K/120fps

Cara Memainkan PS5 dengan Resolusi 4K/120fps

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Minggu, 15 Nov 2020 13:24 WIB
Screenshot Game PS5
Screenshot game PS5. Foto: Sony
Jakarta -

Salah satu peningkatan signifikan PlayStation 5 (PS5) dibanding generasi sebelumnya adalah kemampuan untuk memainkan game dengan resolusi 4K dengan frame rate - yang diklaim -- mencapai 120fps, dan bahkan 8K dengan frame rate 60fps.

Frame rate, atau jumlah gambar yang dirender setiap detiknya, yang bisa dicapai di PS4, atau PS4 Pro mentok di 60fps. Bahkan di sejumlah game berat, frame ratenya hanya 30fps.

Sementara di PS5, frame rate maksimal yang bisa dicapai adalah 120fps. Semakin besar angka frame rate, maka akan semakin halus animasi gambar yang dihasilkan. Namun perlu diingat, untuk bisa mencapai frame rate sebesar ini, ada banyak syarat yang harus dipenuhi, juga 'pengorbanan' lainnya.

Mari kita bahas soal pengorbanannya terlebih dahulu. Pengorbanan utama yang harus dilakukan adalah menurunkan kualitas grafisnya. Detail gambar bakal menurun jika anda memilih untuk menjalankan game dengan frame rate lebih rendah.

Hal ini sudah bisa dilihat di game Spider-Man: Miles Morales yang mendukung resolusi 4K/60fps. Di game ini, Anda harus memilih untuk mengaktifkan ray tracing untuk meningkatkan kualitas gambar namun bermain di frame rate 30fps, atau mematikan ray tracing agar bisa bermain di frame rate 60fps.

Sebagai informasi, ray tracing adalah fitur yang membuat refleksi di cermin, genangan air, dan sejenisnya terlihat lebih realistis.

Selain itu, PS5 akan otomatis menurunkan resolusinya agar bisa mencapai frame rate tersebut. Atau setidaknya akan menerapkan resolusi dinamis, yang akan menyesuaikan resolusi sesuai dengan adegan game yang sedang ditampilkan.

Kenapa hal ini harus dilakukan? Simpelnya adalah PS5 tak punya cukup kekuatan komputasi untuk mengolah grafis game dengan resolusi 4K dengan frame rate setinggi itu. Bahkan di PC pun membutuhkan kartu grafis dengan harga berlipat harga PS5 untuk bisa menampilkan game AAA beresolusi 4K dengan frame rate 120fps.

Lalu syarat lain yang harus dipenuhi untuk bisa mencapai 4K/120fps ini tentulah TV yang mendukung. Selain punya resolusi 4K, tentu TV-nya juga harus mampu menampilkan gambar dengan frame rate tinggi, yang bisa dilihat dari kemampuan refresh rate-nya, alias harus punya refresh rate 120Hz.

Itu saja syaratnya? Tentu tidak. 4K/120Hz ini membutuhkan bandwidth atau jalur data besar untuk mentransfer data dari PS5 ke TV. Membutuhkan koneksi HDMI 2.1 terbaru untuk bisa mencapainya. Tak cuma TV yang mendukung HDMI 2.1, melainkan juga kabel yang memenuhi protokol HDMI 2.1.

Untungnya sejumlah pabrikan sudah merilis TV dengan dukungan 4K/120Hz lengkap dengan port HDMI 2.1. Contohnya dari LG ada jajaran TV OLED flagshipnya seperti LG CX, Samsung 49Q80T, dan Sony seri ZH8.

Namun, sepertinya anda tak perlu bela-belain langsung membeli TV baru untuk sekadar memaksimalkan kemampuan PS5 ini. Pasalnya pilihan game yang mendukung 120fps pun tak banyak untuk saat ini, yang mendukung 120Hz pun tak semua mendukung resolusi 4K.

Sejauh ini baru ada enam game yang sudah dipastikan mendukung frame rate 120fps. Apa saja?

  • Call of Duty: Black Ops Cold War, mendukung 4K/120fps
  • Destiny 2, mendukung 4K/120fps
  • Devil May Cry 5 Special Edition, mendukung 1080p/120fps
  • Dirt 5, mendukung 120fps
  • Monster Boy and the Cursed Kingdom, mendukung 4K/120fps
  • Rainbow Six Siege, mendukung 4K/120fps



Simak Video "Viral Netizen Pamer 'Punya' PS5 di Instagram, Begini Caranya"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)