PS5 Meluncur, Sony Ungkap Nasib PS4

PS5 Meluncur, Sony Ungkap Nasib PS4

Virgina Maulita Putri - detikInet
Jumat, 13 Nov 2020 12:46 WIB
ps4 pro 2tb bodi transparan
PS5 Meluncur, Bagaimana Nasib PS4? Foto: PlayStation
Jakarta -

Setelah PlayStation 5 resmi meluncur, banyak gamer yang mempertanyakan nasib dukungan untuk PlayStation 4 ke depannya. Untungnya bos Sony memastikan PS4 masih akan mendapatkan dukungan hingga tiga tahun ke depan.

Dalam wawancara dengan AV Watch, Sony Interactive Entertainment Vice President Hideaki Nishino memastikan periode transisi dari PS4 ke PS5 akan memakan waktu sekitar tiga tahun, seperti dikutip detikINET dari Tweak Town, Jumat (13/11/2020).

Selama periode itu, Sony akan merilis game yang eksklusif untuk PS5 dan game yang bisa dimainkan secara cross-gen. Artinya, pemilik PS4 masih bisa memainkan beberapa game baru yang juga tersedia untuk PS5.

Bagi Sony, transisi yang mulus antara PS4 dan PS5 sangat penting. Mereka harus berhati-hati agar 100 juta pengguna PS4 mau beralih ke PS5 dan tidak beralih ke konsol lain.

"Dari segi kompatibilitas, penting untuk memindahkan game PS4 ke PS5, tapi saya menekankan bahwa forward compatibility (menyediakan game PS5 yang sama ke PS4) juga penting," kata Nishino.

"Asumsi saat ini adalah transisi dari PS4 ke PS5 akan memakan waktu sekitar tiga tahun. Sementara itu, bagaimana saya bisa tetap membeli game di PS4? Apakah game yang dibeli bisa dimainkan di PS5? Itu penting," imbuhnya.

Rencana ini sudah dijalankan oleh Sony dengan game seperti Spider Man: Miles Morales dan Horizon: Forbidden West tersedia untuk PS4 dan PS5. Sedangkan game seperti Demon's Souls akan menjadi game eksklusif untuk PS5.

Kebijakan Sony juga mirip seperti yang dilakukan oleh pesaingnya, Microsoft. Microsoft sebelumnya mengatakan mereka tidak akan merilis game yang eksklusif hanya untuk Xbox Series X dan Series S sampai satu atau dua tahun setelah peluncuran.



Simak Video "Bongkar Jeroan Ajaib PlayStation 5"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fyk)