Ini Rasanya Jadi Pro Player Esports Ala RRQ Vynnn

Ini Rasanya Jadi Pro Player Esports Ala RRQ Vynnn

Irna Gayatri - Content Writer RRQ - detikInet
Senin, 09 Nov 2020 21:18 WIB
RRQ Vynnn alias Calvin dari Team RRQ
Ini Rasanya Jadi Pro Player Esports (Foto: MPL Indonesia/RRQ)
Jakarta -

Jadi pro player mungkin sekarang sudah jadi impian para gamers. Selain bisa dikenal di ranah esports Indonesia, gaji pro player juga cukup menggiurkan. Namun, sebetulnya bagaimana, sih, rasanya menjadi pro player? Apakah memang seindah itu? Biar kalian tak penasaran, RRQ Vynnn membagikan pengalamannya sebagai pro player di sini.

RRQVynnn sebetulnya sama sekali tak terpikir akan menjadi seperti sekarang. Gaming buat RRQVynnn cuma sebatas hiburan bareng teman-teman. Namun, kini dia bahkan bisa menjadi kapten dari tim yang sudah back to back champion.

"Awalnya cuma coba-coba ikut turnamen kecil sama teman-teman, habis itu dilirik sama team besar," ungkap RRQ Vynnn.

Perjalanannya cukup panjang sebelum bisa mencapai titik yang sekarang. RRQ Vynnn pun mengakui bahwa dia sempat mengalami rintangan pada awal kariernya, salah satunya adalah seringnya berganti rekan tim. Hal ini memang cukup menyulitkan karena biar bagaimana pun chemistry yang baik dengan rekan tim dapat menjadi salah satu faktor pendukung kemenangan. Selain itu, dukungan orang tua juga menjadi salah satu faktor yang cukup sulit didapatkan saat itu.

"Ada saja kok, rintangannya jadi pro player, kayak belom ada dukungan dari orangtua waktu itu dan team mate bergonta-ganti," aku pemain berusia 20 tahun ini.

RRQ Vynnn alias Calvin dari Team RRQRRQ Vynnn alias Calvin dari Team RRQ Foto: (MPL Indonesia/RRQ)

Seperti yang sudah kalian ketahui, RRQ Vynnn awalnya memperkuat BOOM Jr. sebelum akhirnya bergabung dengan Team RRQ bersama RRQ Zen. Bahkan, saat bergabung dengan RRQ Zen, RRQ Vynnn sempat ikut tim Bigetron Alpha saat MPL ID Season 3 dan berhasil mengalahkan PSG RRQ di Day 1 playoffs.

Barulah setelahnya RRQ Vynnn kembali ke Team RRQ, namun kali ini bersama PSG RRQ yang menjadi cikal bakal RRQ Hoshi. Meski begitu, pemain kelahiran Jakarta ini mengaku tidak pernah menyerah menjadi atlet esports.

"Sampai saat ini belum ada momen untuk menyerah, masih tetap percaya sama diri sendiri," begitu kata pemain bernama asli Calvin ini. Memang, RRQ Vynnn mengakui bahwa hal yang membuatnya bertahan sejauh ini adalah kepercayaan terhadap diri sendiri bahwa dia mampu dan bisa terus menciptakan momentumnya sendiri. Di MPL ID Season 5, RRQ Vynnn menjadi MVP di playoffs sekaligus membuktikan bahwa dia adalah best support yang sanggup menjadi penopang bagi rekan-rekan timnya di RRQ Hoshi.

RRQ Vynnn alias Calvin dari Team RRQRRQ Vynnn alias Calvin dari Team RRQ Foto: (Moonton)

Selain itu, di MPL ID Season 6, RRQ Vynnn juga menunjukkan kapabilitasnya sebagai kapten yang tetap tenang di segala situasi dan mampu memberikan dorongan untuk teman-temannya. RRQ Vynnn pun merasa senang karena bisa dipercaya oleh teman-temannya di RRQ Hoshi. Meski begitu, RRQ Vynnn stay low dengan perannya sebagai kapten. Baginya, yang paling penting adalah memastikan dirinya bisa bermain sesuai role-nya sebagai support.

"Sebenarnya tugasnya sama saja, sih. Semua member di Team RRQ (Hoshi) layak, kok, jadi kapten," ujarnya.

Ketika ditanya soal hal penting yang dibutuhkan untuk menjadi seorang pro player, RRQ Vynnn dengan tegas menjawab, "Attitude." Memang, sikap yang profesional sangat dibutuhkan untuk menjadi seorang pro player. Dengan kata lain, kalau kalian jago dalam permainan tapi tidak bisa menjaga sikap, baik kepada rekan satu tim, manajerial, hingga tim lawan, skill kalian akan sia-sia. Ditambah lagi, dalam permainan tim, kalian harus bisa bekerja sama sehingga attitude yang baik sangatlah dibutuhkan.

Menjadi pro player memang tidak mudah. Namun, dari RRQ Vynnn kalian bisa belajar bahwa bukannya tidak mungkin menjadi pro player di masa depan selama kalian disiplin berlatih dan punya attitude yang baik. "Selama kamu percaya dengan diri sendiri, pasti bisa kok," jelas RRQ Vynnn.

Selain itu, menjadi pro player esports juga cukup menyita waktu sehingga kalian benar-benar harus fokus pada satu tujuan dan jangan mudah menyerah di awal. Bahkan, RRQ Vynnn pun mengaku, mungkin kalau dia bukan seorang pro player, saat ini dia masih sibuk kuliah. Kalau seperti itu, bukannya ikut turnamen online, RRQ Vynnn malah ikut kuliah online, deh!

*Artikel ini merupakan kerja sama antara detikINET dengan Team RRQ.



Simak Video "RRQ Pecahkan Rekor Penonton Terbanyak Sepanjang MPL ID Season 6"
[Gambas:Video 20detik]
(fay/fay)