Selasa, 07 Jan 2020 17:43 WIB

Wishnutama: Presiden Tahu eSport Masa Depan yang Harus Dibangun

- detikInet
Giring Ganesha dan Menparekraf Wishnutama membahas eSport (Aisyah Kamaliah/detikcom) Giring Ganesha dan Menparekraf Wishnutama membahas eSport (Aisyah Kamaliah/detikcom)
Jakarta - eSport membuka peluang prestasi sekaligus mendorong industri kreatif. Pemerintah pun menilai ini adalah masa depan yang mesti dibangun.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Wishnutama Kusubandio menyebut Presiden Joko Widodo mendukung penuh industri eSport Indonesia. Hal ini ia sampaikan usai audiensi Giring Ganesha bersama Indonesia Esport Premier League (IESPL) di Gedung Sapta Pesona, Kemenparekraf, Jakarta, Selasa (7/1/2020).

"Pak Presiden dari awal beliau tahu ini sebuah masa depan yang harus dibangun di Indonesia dan eSport salah satu opportunity yang harus kita manfaatkan. Dari awal Presiden sangat mendukung hal ini," ujarnya kepada awak media.


Wishnutama mengakui eSport adalah salah satu ranah yang potensial untuk digali dan meyakini akan menjadi hal yang luar biasa. Hal ini dibuktikan dengan adanya final Piala Presiden Esport 2020 dalam waktu dekat yang dapat menjadi wisata eSport.

"Jadi potensinya luar biasa selain untuk membangun local games juga yang punya potensi dan juga, at the same time menghadirkan eSport tourism dan sebagainya," tuturnya.
Wishnutama: Presiden Tahu eSport Masa Depan yang Harus Dibangunaudiensi Indonesia Esport Premier League (IESPL) (Aisyah Kamaliah/detikcom)


Menurut Wishnutama kompetisi Piala Presiden Esport 2020 dalah kegiatan yang membanggakan. Namun dia meminta agar tidak cepat puas.

"Saya sendiri meminta Giring dan teman-teman apa yang bisa kita bantu bahkan kalau bisa menyelenggarakan event eSport kelas dunia untuk diadakan di Indonesia nantinya," tegas Menparekraf Wishnutama.

Untuk strateginya sendiri, Menparekraf Wishnutama mengatakan Indonesia bisa memulai dengan membangun event yang melibatkan pemain-pemain internasional berserta pendukungnya untuk diundang ke dalam negeri.
"Juga nantinya teman-teman bisa mengundang atau menawarkan game yang kompetisi dunia diadakan di Indonesia terutama di destinasi wisata," ujarnya.

Menparekraf Wishnutama pun menyebut eSport telah menjadi salah satu area prioritas Kemenparekraf dalam mendorong pertumbuhan ekonomi kreatif di Indonesia.

Sebagai informasi, Piala Presiden Esport telah memasuki tahun kedua. Babak final akan dilaksanakan pada tanggal 1 dan 2 Februari mendatang di ICE BSD, Tangerang. Ke depannya diharapkan Indonesia dapat terus mengembangkan potensi dan menjadi pemimpin di ranah Asia Tenggara dan mengembangkan game-game lokal untuk dibawa ke kancah internasional.

Simak Video "Menparekraf Wishnutama Datangi KPK, Ada Apa?"
[Gambas:Video 20detik]
(/)