Selasa, 06 Agu 2019 06:03 WIB

Cerita Gamer yang Habis Jutaan Buat Main Game Mobile

Aisyah Kamaliah - detikInet
Foto: Tomohiro Ohsumi/Getty Images Foto: Tomohiro Ohsumi/Getty Images
Jakarta - Sebuah hobi bisa jadi akan berbeda penerapannya pada setiap orang. Ini juga yang terjadi pada orang-orang yang mencintai dunia game. Ada saja yang rela menggelontorkan puluhan bahkan ratusan juta rupiah demi game mobile.

Para 'sultan' ini rela menghabiskan uang untuk membeli benda virtual di dalam game, atau biasa disebut dengan istilah purchase in game.

Salah satu gamer bernama Feri (26), mengaku biasa mengeluarkan uang Rp 100-200 ribu untuk game.

"Kalau gue sih ngerasa nggak sering-sering banget dibandingkan temen-temen lain tapi mungkin buat orang awam cukup sering, dalam sebulan nggak selalu ada. Dua tiga bulan sekali," ujarnya.



Feri biasanya sengaja menyisihkan uang untuk game mobile seperti Ragnarok, Mobile Legend, atau Epic Seven. Adapun yang paling sering dibelinya adalah starter pack untuk game baru yang ia mainkan.

"Gue pernah mau lebih dari Rp 200 ribu. Prinsip gue bukan play to win, gue lebih main skill. Lebih seru, jadi meski lu cupu tapi pemain smurf," lanjutnya.

Feri bukan termasuk orang yang royal menghabiskan uang untuk game. Masih ada Mario (30) karyawan swasta yang mengaku bisa habis jutaan rupiah untuk game mobile yang ia mainkan.

"Ragnarok dulu main di PC, banyaklah itu berjuta-juta, kisaran terakhir kali 3 bulan terakhir sebelum tutup itu Rp 5 juta. Sebelumnya beberapa ratus lah," aku Mario.

Mario mengaku sering mengeluarkan uang untuk membeli item bagus yang sudah ia incar sejak lama. Karena itu, tak heran uangnya sering habis besar.

"Kalau ada item yang bagus gue beli sampe bagus. Itu ya lu keluar Rp 3 juta belom tentu dapet, ada yang Rp 1 juta langsung dapet, temen gue Rp 7 juta juga belom dapet," sambungnya.

Ketika beralih ke mobile sekitar 2 bulan terakhir, Mario mengaku sudah habis Rp 2,5 juta untuk game tersebut. Meski begitu, ia mengaku punya budget khusus untuk game sehingga tidak perlu khawatir akan belanja terlalu impulsif.

Nah, kalau Aldian (27), gamer yang juga seorang wirausaha, buka-bukaan menyebutkan bahwa ia pernah habis Rp 15 juta untuk game mobile yang ia mainkan yaitu Ragnarok. Ia melakukan purchase hampir tiap bulan atau setiap ada event.

Meski begitu, ia sering menggunakan uang yang ia hasilkan dari game juga untuk purchase in game. Saat ditanya berapa rupiah yang paling banyak ia habiskan, Aldian menjawabnya 'tergantung'.



"Seminim-minimnya Rp 1,5 juta pasti keluar buat ini game. Sebulan ya pernah sampe Rp 15 jutaan," ujarnya.

Soal menyesal atau tidaknya telah keluar orang banyak, Aldian mengaku semua pun tergantung dari hasil yang ia dapatkan.

"Tergantung haha. Kebanyakan orang kan abis banyak main game karena buat ngegaca atau judi. Kalau saya biasanya abis banyak perang antar guild dan kalah hehe. Biasanya panas terus baru deh keluar banyak buat berbenah karakter biar bisa menang perangnya," tuturnya.

Ada juga Wilton Xaverius, pria yang berkecimpung di dunia e-commerce dan bidang eSport. Ia sering bermain beragam game mobile seperti Hearthstone, Dota Underlords, Ragnarok Mobile, atau Arena of Valor.

"Sisanya cuma game kecil aja nggak ada in game purchase-nya," kata pria yang akrab disapa Wilton ini.

Wilton menuturkan, dia tidak punya budget tertentu untuk pengeluarannya di game. Semua tergantung apakah ada yang menarik atau tidak, salah satunya dari event game.

"Kalau menarik ya top up banyak sesuai kebutuhan event-nya, biasa yang makan banyak dana sih gacha di game, istilahnya gambling lah. Kadang top up sedikit dapet, kadang udah top up banyak nggak dapet-dapet. Umumnya sih biasa top up sampai dapet," akunya.

Untuk satuan game, Wilton bisa habis sekitar Rp 5-20 jutaan. Sementara kalau ditotal untuk keseluruhannya, dia bisa habis lebih dari Rp 50 juta! Waduh, apakah dia menyesal?

"Pas masih main sih nggak nyesel, soalnya kita bisa dapet apa yang kita mau, nyeselnya nanti pas udah bosen sama gamenya atau yang lebih parahnya lagi, gamenya tutup," candanya.



Agar lebih irit, Wilton juga tak segan untuk berburu diskon atau kupon cashback yang ada di berbagai marketplace. Menurutnya, strategi ini lumayan bisa menghemat uang lebih banyak.

Bagaimana dengan kalian? Apakah ada yang hobi belanja di game mobile juga? Ceritakan di kolom komentar yuk!

Simak Video "Ini Nih Tampilan Nintendo Switch Lite yang Lebih Kecil dan Praktis"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/rns)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com