Kamis, 21 Mar 2019 10:17 WIB

Microsoft Siapkan Amunisi Hadapi Google Stadia

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Xbox, konsol game andalan Microsoft yang bersiap menghadapi Google Stadia. (Foto: David Becker/Getty Images for Xbox Live) Xbox, konsol game andalan Microsoft yang bersiap menghadapi Google Stadia. (Foto: David Becker/Getty Images for Xbox Live)
Jakarta - Layanan cloud gaming Google Stadia sudah digadang-gadang bisa mengancam eksistensi konsol game lain, salah satunya Xbox-nya Microsoft. Apa kata Microsoft?

Phil Spencer, bos gaming Microsoft, langsung mengirimkan sebuah memo internal ke para karyawannya yang menjadi bagian dari tim Xbox. Ia menanggapi pengumuman Google itu dengan janji akan tampil jor-joran di ajang Electronic Entertainment Expo (E3) 2019.




Dalam memo internal yang bocor ke publik itu, Spencer menyebut dirinya semacam mendapat "persetujuan" dari Google untuk "bertarung" dalam layanan cloud gaming. Disebut persetujuan karena Microsoft sudah mengembangkan layanan cloud gamingnya sendiri sejak dua tahun lalu.

Layanan yang dimaksud Spencer itu adalah xCloud, yang bakal menjadi kompetitor Stadia, dan sejumlah layanan cloud gaming lain yang ada. Microsoft pun baru-baru ini mendemonstrasikan xCloud ke publik dan menjanjikan masa uji coba untuk publik pada 2019 ini.




"Tak ada kejutan besar dalam pengumuman mereka meskipun saya terkesan karena mereka memanfaatkan YouTube, penggunaan Google Assistant, dan kontroler WiFi yang baru," tulis Spencer dalam memonya, seperti dikutip detikINET dari The Verge, Kamis (21/3/2019).

Google memang "menjual" nama YouTube ketika memamerkan Stadia, yaitu dengan menunjukkan kalau pengguna bisa menonton video mengenai game dan secara instan memainkan game tersebut. Pengguna pun bisa membagikan rekaman permainan mereka ke layanan video tersebut.

Memo Spencer ini menunjukkan kalau persaingan di layanan cloud gaming benar-benar mulai memanas. Dan layanan cloud gaming ini adalah arena kompetisi bagi Google dan Microsoft yang sebelumnya juga sudah bersaing di banyak arena lain, seperti layanan cloud, aplikasi produktivitas, dan laptop.



Microsoft Siapkan Amunisi Hadapi Google Stadia
(asj/krs)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed