Ini Dia 5 Konsol Game Terlaris Sepanjang Masa

Ini Dia 5 Konsol Game Terlaris Sepanjang Masa

Panji Saputro - detikInet
Kamis, 11 Nov 2021 17:40 WIB
380801 01: PlayStation 2, the new video-game machine from Sony is set to hit U.S. stores October 26, 2000. The new game system brings together games, music and movies. (Photo by Justin Sullivan/Newsmakers)
Ini Dia 5 Konsol Game Terlaris Sepanjang Masa (Foto: Justin Sullivan/Newsmakers)
Jakarta -

PlayStation (PS) 5, menjadi konsol game dengan penjualan tercepat saat ini. Di mana sudah berhasil terjual lebih dari 13 juta unit, sejak diluncurkan pada November 2020. Kendati begitu, apakah kepopulerannya sudah bisa dikatakan sebagai konsol game sepanjang masa?

Hal ini mengingat, umurnya tergolong masih sangat muda. Bahkan pada tanggal 12 November mendatang, PS5 baru memasuki usia pertamanya.

Menurut data yang diungkapkan oleh Statista, ada lima konsol menyandang predikat, sebagai platform game sepanjang masa. Apakah next-gen besutan Sony termasuk dalam daftar? Mari simak penjelasan berikut.

5 Konsol Game Terlaris Sepanjang Masa:

5. PS1

SONY DSCSONY DSC Foto: Internet

Peringkat kelima diisi oleh konsol garapan Sony, yakni PS1, dengan total penjualan menyentuh 102,5 juta unit. Perannya sangat penting, dalam memberikan pengalaman bermain penuh dengan kenangan, sejak rilis pada tahun 1994.

Beragam judul game ikonik yang tersedia, menimbulkan rasa candu dan rela menghabiskan waktu berjam-jam memainkannya. Sebut saja seperti Crash Bandicoot, Gran Turismo, Tekken, Spiro, Tony Hawk: Pro Skater dan masih banyak lagi.

4. PS4

ps4 slim jeroanps4 slim jeroan Foto: Istimewa

Masih seputar produk dari Sony, PS4, ikut berkontribusi besar dalam pemasukan mereka. Tercatat, konsol ini telah menjual hingga 116,4 unit.

Sejak diluncurkan pada November 2013, kehadirannya memang menjadi angin segar, bagi mereka yang ingin merasakan bermain game beserta grafik memukau. Beberapa di antaranya Red Dead Redemption 2, Grand Theft Auto V, The Last of Us Remastered dan The Last of Us Part II.

3. Game Boy

Nintendo Game BoyNintendo Game Boy Foto: internet

Kendati begitu, konsol gengam hasil tangan dingin Nintendo, masih menjadi perangkat game sepanjang masa di atas PS1 dan PS4. Peluncuran pertamanya pada tahun 1989 dan berhasil mengumpulkan total penjualan 118,6 unit.

Judul game yang mampu memberikan keseruan bermain Game Boy, seperti The Legend of Zelda dan Pokemon Red and Blue. Konsol ini pun menduduki posisi ketiga.

2. Nintendo DS

Nintendo DSNintendo DS Foto: internet

Tempat kedua ada Nintendo DS, berhasil menarik minat banyak gamer dan mengantongi keuntungan dari 154,9 unit terjual. Konsol genggam ini, menjadi sebuah gebrakan baru dari pendahulunya Game Boy Advance.

Judul-judul game ikonik yang dapat dimainkan, seperti Pokemon Diamond dan Pearl. Selain itu ada beberapa game dari Mario.

1. PS2

PS2PS2 Foto: istimewa

Mari sambut juara dari semua konsol di dunia, yaitu PS2. Dengan torehan sangat baik, sejak peluncurannya pada Maret 2000, mampu menghasilkan total penjualan 157,68 juta unit.

Akan tetapi, meskipun angkanya lebih banyak dari Nintendo DS, jumlahnya terpaut kurang lebih tiga juta unit. Hanya saja, sepertinya perangkat milik Nintendo, tidak bisa menyusul, mengingat era saat ini lebih tertuju pada PS5 dan Xbox Series X/S.



Simak Video "Game PlayStation Lagi Ada Diskon Sampai 75 Persen"
[Gambas:Video 20detik]
(hps/fay)