Penjualan Nintendo Switch Tembus 92 Juta, Pepet Wii

Penjualan Nintendo Switch Tembus 92 Juta, Pepet Wii

Panji Saputro - detikInet
Selasa, 09 Nov 2021 15:15 WIB
Nintendo Switch
Nintendo Switch Terjual 92 Juta Unit, Jadi Konsol Sepanjang Masa (Foto: Istimewa)
Jakarta -

Total penjualan konsol rakitan Nintendo, yaitu Nintendo Switch, hampir mendekati Wii sebagai platform game terlaris sepanjang masa milik mereka. Pembelian yang dilakukan gamer mencapai 92,87 juta unit.

Sedangkan Nintendo Wii jumlahnya terjual hingga 101,63 juta unit. Bila melihat dari minat yang ditunjukkan oleh penggemar, Switch memiliki sepak terjang lebih baik, dikutip detikINET dari situs Nintendo Jepang, Selasa (11/8/2021).

Hal ini mengingat konsol genggam tersebut rilis bulan Maret 2017 dan sudah mencatat rekor penjualan yang terus melesat, dengan menempati posisi ketujuh sebagai konsol terlaris sepanjang masa. Waktu yang dimilikinya masih tergolong banyak, bila mengacu pada usia Wii yang hampir menyentuh 15 tahun pada tahun ini.

Wii sendiri saat ini mengisi tempat keenam. Akan tetapi, jarak penjualan keduanya hanya terpaut kurang dari sembilan juta konsol. Sehingga ada kemungkinan besar, Switch akan berhasil memecahkan angka hingga 100 juta unit dan menggeser saudaranya pada tahun 2022.

Sedangkan urutan kelima ada PlayStation (PS) 1, yang mengantongi jumlah penjualan mencapai 102,49 juta unit. Selanjutnya adalah PS4, dengan 116 juta konsol terjual dan hingga kini masih terus bertambah.

Hanya saja, meluncurnya PS5 di kalangan pemain, membuat kenaikan angka dari PS4 terhambat, di mana konsol next-gen tersebut sudah terjual 13,4 juta, sejak rilis pertama kali bulan November 2020.

Kesuksesan dari Nintendo Switch, tak lepas dari dampak pandemi yang terjadi, ditambah kampanye untuk tetap di rumah saja. Lalu mereka mendukung kesuksesannya melalui game simulasi garapan Nintendo, yakni Animal Crossing.

Namun sayang, untuk pertama kali PS5 dapat menyaingi keberadaan Switch di Amerika Serikat pada bulan September lalu. Mat Piscatella dari NPD, menyampaikan bahwa konsol milik Sony ini, menang baik dari jumlah unit maupun dolar (nominal penjualan).



Simak Video "Mengintip Penampakan Nintendo Switch OLED yang Baru Dirilis"
[Gambas:Video 20detik]
(hps/fyk)