5 Turnamen Esports Terpopuler Selama Oktober 2021

5 Turnamen Esports Terpopuler Selama Oktober 2021

Panji Saputro - detikInet
Selasa, 09 Nov 2021 11:00 WIB
Bukan Swedia, Dota 2 TI10 Siap Digelar Oleh Valve di Rumania
5 Turnamen Esports Paling Populer Selama Oktober 2021 (Foto: liquipedia)
Jakarta -

Ekosistem esports tengah menjamur belakangan ini. Sepanjang tahun 2021 saja, beragam kompetisi sudah digelar dan mendapat banyak atensi dari para penggemarnya. Lantas, turnamen apa yang sangat digemari?

Berdasarkan data yang dipaparkan Esports Charts, setidaknya ada lima kejuaraan game paling populer di dunia, pada bulan Oktober lalu. Penilaian dilakukan mengacu pada jumlah Peak Viewers atau banyaknya fans yang menonton live kompetisi tersebut secara bersamaan dari berbagai platform streaming online.

Tempat pertama diisi oleh Worlds 2021 Finals, di mana mencatat rekor tertinggi hingga 4 juta penonton. Lalu posisi kedua ada TI 10 Dota 2, dengan menarik minat fans di seluruh dunia hingga 2,74 juta pemirsa, seperti dikutip detikINET, Selasa (9/11/2021).

Lalu tempat ketiga, kompetisi lokal MPL ID Season 8, berhasil mengumpulkan 2,39 juta penggemar setianya. Disusul urutan keempat, yakni PGL Major Stockholm, di mana angkanya mencapai 975 ribu peminat.

Terakhir PUBG Mobile Pro League Southeast Asia (PMPL SEA) Championship 2021, mampu menarik ketertarikan hingga 644 ribu penggemar. Sehingga dapat dilihat, minat gamer sangat besar pada beberapa game, seperti League of Legends, Dota 2, Mobile Legends, Counter Strike: Global Offensive dan PUBG Mobile.

Menariknya, dari daftar tersebut, Mobile Legends satu-satunya kejuaraan lokal yang hadir. Berbeda dibandingkan dengan game lainnya, di mana diikuti oleh berbagai macam negara di dunia.

Peak Viewers yang diperoleh oleh game garapan Moonton ini, berasal dari laga Final Lower Bracket antara Onic Esports vs Evos Legends. Pertandingan mampu menyedot antusias penggemar di Indonesia hingga 2,39 juta.

Dari ajang bergengsi tersebut, Onic Esports menyabet gelar juara, setelah menumbangkan RRQ Hoshi di Grand Final. Hasilnya, kedua tim berhak atas tiket pada turnamen M3 Mobile Legends World Championship.



Simak Video "OPPO Reno6: Smartphone Ideal Content Creator"
[Gambas:Video 20detik]
(hps/fyk)