Grup Peretas Ini Temukan Celah Untuk Bajak PS5

Grup Peretas Ini Temukan Celah Untuk Bajak PS5

Panji Saputro - detikInet
Selasa, 09 Nov 2021 12:30 WIB
PS5
Grup Peretas Ini Menemukan Celah Untuk Membajak PS5 (Foto: istimewa)
Jakarta -

Sekelompok peretas bernama failOverflow, mengaku telah menemukan celah untuk membobol sistem keamanan konsol PlayStation 5 atau PS5. Mereka dapat mengakses 'root key', di mana digunakan untuk mendekripsi firmware konsol besutan Sony ini.

"Kami mendapatkan semua root key ps5 (symmetric). Jika kalian melihatnya dengan seksama, semuanya dapat diperoleh melalui perangkat lunak, termasuk root key per-konsol," tulis failOverflow, dikutip detikINET dari Twitter, Selasa (9/11/2021).

failOverflow sebelumnya dikenal sebagai grup peretas pertama, yang dapat melewati keamanan PS3 pada tahun 2010. Kini mereka kembali mendapatkan satu langkah awal, dalam jailbreak atau menghilangkan keterbatasan dari PS5.

Selain itu, kelompok tersebut juga terkenal karena mampu meretas PS4. Ditambah menjalankan Linux dan firmware khusus lainnya, di konsol garapan Nintendo, yakni Nintendo Switch.

Dengan kondisi platform yang telah mengalami jailbreak, memungkinkannya menjalankan berbagai macam game bajakan. Hanya saja, penemuan yang diperoleh failOverflow, belum menegaskan bahwa PS5 akan mengalami nasib yang serupa seperti para saudaranya.

Sementara itu, ketersediaan PS5 di dunia masih diragukan dapat memenuhi minat gamer. Mengingat permintaan untuk konsol ini sendiri melebihi pasokan yang ada. Bahkan di toko online luar, seperti Amazon, Walmart, GameStop, PlayStation sendiri kehabisan stok.

Kendati begitu, sedikit informasi, bahwa Sony belum lama ini memasok stok PS5 ke Inggris. Mereka menerbangkannya menggunakan tiga pesawat Boeing 747 dari Korea Selatan dan terlihat mendarat di Heathrow.

Satu pesawat sudah tiba di lokasi dan dua lainnya menyusul dalam waktu dekat ini. Untuk jumlah yang dikirim masih belum diketahui jelas, akan tetapi, The Gamer memperkirakannya sebanyak 125 ribu konsol.

Jumlah tersebut memang tidak terlalu banyak bila dibandingkan penjualannya selama beroperasi sejak rilis hingga saat ini. Namun, data penjualan terbaru menunjukkan, warga Inggris hanya menyumbang pembelian satu juta PS5 saja pada akhir September.



Simak Video "Game PlayStation Lagi Ada Diskon Sampai 75 Persen"
[Gambas:Video 20detik]
(hps/fyk)