Senin, 19 Agu 2019 11:15 WIB

Zaman Now, Gamer Profesional bagaikan Seleb

Tim Aegis - detikInet
Tyler Ninja Blevins, salah satu gamer profesional kondang. (Foto: Robert Reiners/Getty Images) Tyler 'Ninja' Blevins, salah satu gamer profesional kondang. (Foto: Robert Reiners/Getty Images)
Jakarta - Di dunia game, Ninja adalah nama yang sangat populer. Langkahnya pindah platform streaming pun diikuti para "pengikut" setia yang jumlahnya amat besar. Di zaman now, gamer profesional memang bagaikan selebritas.

Total ada sejuta follower yang diboyong Tyler "Ninja" Blevins saat pindah dari Twitch ke Mixer, platform streaming game milik Microsoft. Jumlah itu tercapai dalam lima hari kepindahannya.




Dalam hal popularitas konten game, Mixer sebenarnya masih kalah dibandingkan Twitch dan YouTube. Itu mengapa Microsoft kabarnya rela menggelontorkan USD 50 juta dolar buat "membajak" Ninja, yang tentu diharapkan jadi salah satu magnet utama di Mixer.

Tindakan Microsoft itu sekaligus memberi gambaran betapa perusahaan besar, bahkan raksasa seperti Microsoft, telah mengapresiasi nilai yang dimiliki gamer profesional dan bagaimana mereka bisa berinteraksi dengan fansnya secara organik.




Apalagi kecenderungan saat ini turut menempatkan sosok gamer profesional, streamer, atau atlet eSport di posisi yang tidak ubahnya seperti seorang selebritas. Bukan cuma dari jumlah pengikut, melainkan dalam ragam aktivitasnya.

Tengok statistik viewer Twitch, misalnya. Banyak viewer dari streaming game populer ini ternyata menonton just chatting, channel khusus tempat para "personality gamer" dapat berinteraksi dengan sejumlah cara dengan viewer-nya. Momen-momen interaktif antara streamer dan viewer ini mulai berkembang hingga menjadi kategori favorit nomor satu di Twitch.
Zaman Now, Gamer Profesional bagaikan SelebJust chatting ditonton hingga hampir 17 juta orang di Twitch. (Dok: Esportsobserver)

Menilik hal itu, dapat diprediksi pula bahwa tren industri eSport ke depan semakin terindikasi tidak cuma akan melahirkan talenta-talenta yang jago nge-game melainkan juga figur publik yang punya banyak fans.

Hal ini pula yang membuat banyak brand mulai melirik sosok di dunia eSport untuk didaulat menjadi bintang iklan, brand ambassador, dan lainnya. Tak ubahnya seperti seorang seleb.


------

Buat kalian yang ingin ikut berkontribusi di dunia esports Indonesia, yuk gabung sebagai coach atau content creator di Aegis. Nggak kalah seru juga kalau kamu Ingin lebih jago di game favoritmu. Yuk gabung dengan AEGIS, First Indonesia Educational Esports Platform!

Kunjungi
AEGIS (Akademi Esports Indonesia)
www.ae-gis.id
Instagram : aegis.gg
Facebook: @aegis.id





Simak Video "Kemeriahan Kompetisi PUBG Mobile di Jakarta "
[Gambas:Video 20detik]
(krs/fyk)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com