Tips Bikin Foto Keren Saat Musim Hujan

Tips Bikin Foto Keren Saat Musim Hujan

Enche Tjin - detikInet
Jumat, 24 Des 2021 13:02 WIB
fotografer kamera
Foto: Unspslah
Jakarta -

Di sebagian besar tempat di Indonesia, akhir dan awal tahun adalah waktu kita mengalami cuaca yang dianggap buruk yaitu musim hujan. Banyak yang mengganggap musim hujan adalah musim yang tidak bagus untuk fotografi, tapi menurut pengalaman saya, musim hujan membuka kesempatan untuk foto yang bagus, asal kita mempersiapkan diri dengan matang.

tips memotret di musim hujantips memotret di musim hujan Foto: Dok. Enche tjin

Dari segi fisik, kita perlu melindungi kamera dan lensa kita terutama jika gear kita tidak weathersealed atau waterproof, misalnya raincover untuk kamera dan lensa. Kita juga harus melindungi kepala dan tubuh kita dari hujan, minimal topi atau penutup kepala, karena jika terekspos dengan air hujan terus menerus, kepala kita bisa terasa pusing dan bisa jatuh sakit, maka itu jas hujan akan sangat membantu.

Dari segi mental, kita harus memiliki pola pikir yang positif. Musim hujan bukan masa yang buruk untuk berfotografi, malahan sebagian foto saya yang berkesan sebagian besar dibuat di masa cuaca buruk. Saat kita berpikir negatif terhadap cuaca, semangat untuk memotret akan berkurang dan tercermin dalam hasil karya foto kita.

Banyak jenis fotografi yang bagus dilakukan di musim hujan, contohnya pemandangan alam seperti pantai, air terjun, flora fauna dan bahkan street photography. Di musim hujan, debit air terjun akan lebih besar, dan cahaya matahari lebih merata dan lembut, karena sebagian cahaya tersebar, tidak memunculkan bayangan yang gelap/hitam.

tips memotret di musim hujanSehari sebelumnya, hujan lebat dari sore sampai malam, tapi di pagi harinya cuaca sangat cerah. Foto: Dok. Enche tjin
tips memotret di musim hujanDi musim hujan, debit air yang lebih banyak membuat foto air terjun yang lebih bagus. Foto: Dok. Enche tjin

tips memotret di musim hujantips memotret di musim hujan Foto: Dok. Enche tjin

Fotografi pemandangan biasanya dianggap kurang cocok di musim hujan, karena awan yang tebal sering menghalangi sinar matahari dan warna-warni saat fajar dan senja. Memang saat itu kita perlu bersabar dan bersiap-siap, karena hari-hari setelah hujan lebat langitnya biasanya akan sangat dramatis.

tips memotret di musim hujantips memotret di musim hujan Foto: Dok. Enche tjin

tips memotret di musim hujantips memotret di musim hujan Foto: Dok. Enche tjin

Pada akhirnya, untuk menghasilkan foto yang bagus di musim hujan, dibutuhkan persiapan secara fisik dan mental. Oleh sebab itu, saran saya jangan buru-buru menilai musim hujan sebagai musim yang buruk untuk berkarya, sebaliknya, manfaatkan musim ini untuk membuat karya foto yang menarik.



Simak Video "Tips Foto Agar Perut Tak Kelihatan Buncit"
[Gambas:Video 20detik]
(jsn/rns)