Tips Memotret Produk Fashion Pakai HP untuk Promosi di Medsos

ADVERTISEMENT

Tips Memotret Produk Fashion Pakai HP untuk Promosi di Medsos

Virgina Maulita Putri - detikInet
Senin, 08 Nov 2021 19:14 WIB
OPPO A95
Tips Memotret Produk Fashion Pakai HP untuk Promosi di Medsos Foto: OPPO
Jakarta -

Foto memiliki peran penting untuk mempromosikan produk di media sosial atau e-commerce. Apalagi untuk produk fashion yang harus memperlihatkan warna dan detail produk dengan sangat jelas.

Menurut pendiri brand Gentanala Reza Rahman, mengambil foto produk untuk promosi di medsos atau bahkan untuk katalog di website sebenarnya bisa dilakukan menggunakan kamera ponsel atau HP. Tapi untuk mengambil foto produk fashion tentu tidak bisa sembarangan.

Gentanala sendiri merupakan UMKM yang menjual produk kerajinan kayu dan resin. Mereka sudah telah meluncurkan produk jam tangan buatan tangan yang desainnya unik dan eksklusif.

"Intinya pas difoto detail produknya dapat. Kalau detailnya dapat maka pas ditampilkan di medsos atau katalog website segala macam jadi enak," kata Reza dalam acara Oppo A95: Performance Event di Jakarta, Senin (8/11/2021).

"Orang kan suka lihat, apalagi produk kayak jam tangan atau fashion, orang pasti lihatnya detail," sambungnya.

Oppo A95Pendiri Gentanala Reza Rahman (kiri) bersama PR Manager OPPO Indonesia for OPPO Reno 4G & A Series Aryo Meidianto Foto: Virgina Maulita Putri/detikINET

Reza mencontohkan bagaimana ia memotret produk Gentanala untuk dipamerkan di media sosial menggunakan Oppo A95. Ponsel ini memang belum resmi dirilis di Indonesia, tapi Reza sudah berkesempatan menjajal ponsel anyar ini selama beberapa hari.

Untuk mengambil foto produk yang ditampilkan di medsos atau katalog tentu tidak bisa sembarangan. Fotonya harus dibuat secantik mungkin agar bisa menarik perhatian pengguna yang sedang scrolling media sosial.

Reza pun membagikan beberapa tips untuk memotret produk fashion menggunakan kamera HP:

1. Pilih tema

Agar bisa menarik perhatian calon pembeli, foto produk yang diunggah di medsos tentu harus dibuat dengan gaya yang estetik. Reza mengatakan estetika ini bisa diambil dengan mengikuti brand guideline masing-masing UMKM atau bisnis.

"Kalau misalkan brand-nya itu ceria, atau memang adventure, alam banget itu kita sesuaikan dulu," kata Reza. Setelah itu, pilih lokasi pemotretan dan properti yang mendukung dan sesuai dengan tema yang dipilih.

2. Pakai kamera yang memadai

Mengambil foto produk untuk medsos memang tidak bisa sembarangan, tapi bukan berarti harus menggunakan kamera yang mahal. Reza mengatakan kamera Oppo A95 sudah cukup untuk menangkap semua detail corak kayu dan resin yang ada di jam tangan buatan Gentanala.

Selain itu, perhatikan juga pencahayaan saat mengambil foto. Saat mengambil foto yang ditujukan khusus untuk katalog, sebaiknya dilakukan di dalam ruangan dengan pencahayaan yang cukup agar detail produk bisa ditangkap dengan baik.

3. Edit

Terakhir, setelah mengambil foto jangan lupa dipoles agar terlihat lebih ciamik. Untuk mengedit foto produk, Reza juga melakukannya di ponsel menggunakan aplikasi yang tersedia di Play Store.

"Kalau untuk aplikasi editing-nya sendiri aku pribadi setelah difoto aku oper ke Photoroom untuk hapus background-nya," jelas Reza.

"Terus untuk color grading-nya aku pakai Lightroom. Kalau misalnya untuk poster atau Instagram Story kadang opernya ke Canva yang ada di HP. Jadi oper-oper saja di aplikasi HP," pungkasnya.



Simak Video "Menggenggam Oppo A95 yang Makin Elegan dan Tangguh!"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT