Instagram di Android Lebih Keren dari iOS?

Review Aplikasi

Instagram di Android Lebih Keren dari iOS?

- detikInet
Rabu, 04 Apr 2012 11:52 WIB
Instagram di iPhone 4S & Desire S
Jakarta - Setelah 18 bulan hanya ada di iOS, akhirnya Instagram mendarat di Android. Sejumlah fitur menarik yang dijanjikan pun kini bisa dicicipi.

Ya, pengembang Instagram memang sempat menggembar-gemborkan bahwa versi Android nanti akan memiliki lebih banyak fitur jika dibandingkan dengan versi iOS. Benarkah atau cuma sesumbar belaka?

Pengguna Android bisa mengunduh Instagram di Google Play Store secara cuma-cuma. Mereka yang user baru bisa melakukan registrasi terlebih dahulu, sedangkan mereka yang sudah memilki akun bisa langsung menggunakannya.

Dari awal, Instagram versi Android sudah memberikan sedikit perbedaan dengan versi iOS. Dari segi tampilan misalnya, terlihat lebih menarik dan lebih 'bening' jika dibandingkan dengan iOS. Berbagai animasi di dalam aplikasi ini juga terlihat 'hidup' dari sebelumnya.

Nah, sebelum masuk ke dalam aplikasi, pengguna bakal disarankan untuk mencari teman di Facebook, Twitter, Foursquare, Tumblr atau dari daftar kontak. Fitur ini masih mirip dengan yang ada di iOS.

Ketika menjajal aplikasi ini, detikINET menggunakan ponsel Android 2.3, namun Instagram juga bisa digunakan pada tablet dan smartphone Android ICS. Sayangnya untuk yang masih memakai Android 2.1 Eclair tidak bisa mencicipinya, karena batas minimalnya adalah Android 2.2 Froyo.

Versi iOS yang detikINET jajal di iPhone 4S bisa melakukan render gambar secara real time. Dengan kata lain pengguna bisa menerapkan filter yang diinginkan sebelum mengambil gambar. Sedangkan di Android pengguna hanya bisa memakai filter setelah mengambil gambar.

Bicara soal filter, keduanya memiliki pengolah gambar yang mirip. Sedikit perbedaan terletak di versi iOS yang memiliki efek blur, sedangkan di Android tidak ada.

Usai menjepret, pengguna bisa langsung mengunggahnya ke jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, Foursquare, dan Tumblr.

Secara keseluruhan Instagram tampilan Instagram di Android sama persis dengan yang ada di iOS, baik dari antar mukanya maupun dari fitur yang ditawarkan. Dan klaim Istagram yang menyebutkan bahwa versi Android lebih baik sepertinya belum bisa dibuktikan.

Kelemahan terbesar justru absennya fitur untuk menggunakan filter secara real time. Tapi dengan banyaknya varian ponsel Android yang memiliki kamera canggih, kelemahan tersebut mungkin bisa teratasi.


(eno/ash)