Olympus Rilis Kamera Mirrorless, Jadi yang Terakhir?

ADVERTISEMENT

Olympus Rilis Kamera Mirrorless, Jadi yang Terakhir?

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Rabu, 16 Feb 2022 11:10 WIB
OM Digital OM-1
Foto: Dok. OM Digital
Jakarta -

OM Digital Solutions, perusahaan yang dibentuk setelah Olympus menjual bisnis kameranya, merilis kamera mirrorless baru yang bernama OM System OM-1.

OM-1 adalah kamera mirrorless micro four third (MFT) flagship yang menjadi penerus O-OM E-M1 Mark III. Nama OM-1 sendiri terbilang familiar untuk pengguna Olympus, karena pada tahu 1972 Olympus pernah merilis kamera SLR 35mm dengan nama yang sama.

Menariknya, OM-1 ini pada bodinya masih tertulis nama Olympus, yang menurut DPreview akan jadi kamera terakhir yang menyematkan nama tersebut, demikian dikutip detikINET dari The Verge, Rabu (16/2/2022).

Sensor yang dipakai di kamera ini adalah sensor CMOS stacked 20MP dengan prosesor gambar baru, yang pada mode burst-nya bisa memotret 50 gambar per detik dengan autofokus dan auto exposure, bisa juga sampai 120 gambar perdetik dengan fokus dan exposure yang ditetapkan pada gambar pertama.

Menurut OM Digital Solutions, OM-1 ini punya lima keunggulan utama, yaitu kualitas gambar, fotografi komputasional, kencang, kualitas bodi, dan kemampuan video sepenuhnya.

Keberadaan komputasional fotografi ini terbilang menarik, karena sistem MFT sering disebut punya kualitas gambar yang kalah dibanding sistem lain. Terutama karena sensornya yang lebih kecil ketimbang APS-C dan tentu saja full frame.

OM Digital OM-1OM Digital OM-1 Foto: Dok. OM Digital

Tentu saja komputasional fotografi di OM-1 ini tak akan sekompleks yang ada di ponsel, namun setidaknya sudah berada di arah yang sama.

Namun menurut OM Digital, OM-1 ini menggunakan prosesor gambar TruePic X yang diklaim tiga kali lebih kencang ketimbang sebelumnya. Prosesor gambar ini juga bisa meningkatkan dynamic range, sehinga punya rentang warna yang lebih kaya ketimbang kamera MFT lain, baik dari shadow sampai highlight.

OM-1 juga bisa merekam video 4K 60fps dengan durasi sampai dengan 90 menit jika memakai baterai, atau dua jam jika menggunakan power eksternal.

Meski menggunakan desain bodi baru, tampilannya masih mirip dengan kamera Olympus sebelumnya. Ada weather sealing IP53, lalu EVF 5,76 juta titik OLED, dan layar sentuh 3 inch yang bisa diputar.

Harga OM-1 body only adalah USD 2.199 dan USD 2.799 untuk kit dengan lensa baru 12-40mm f/2.8. Kameranya mulai bisa dibeli pada awal Maret mendatang.



Simak Video "Syarat dan Harga Slot Gabung Turnamen MPL Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/asj)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT