Mengintip Fasilitas Joe Biden di Air Force One, Pesawat Teraman Dunia

Mengintip Fasilitas Joe Biden di Air Force One, Pesawat Teraman Dunia

ADVERTISEMENT

Mengintip Fasilitas Joe Biden di Air Force One, Pesawat Teraman Dunia

Fino Yurio Kristo - detikInet
Minggu, 13 Nov 2022 22:00 WIB
Pesawat Kepresidenan RI yang akan dicat dari biru menjadi merah disoal. Warna pesawat RI sekarang rupanya seperti Air Force One yang mengangkut Presiden AS.
Fasilitas di Air Force One. Foto: Jeff J Mitchell/Getty Images
Jakarta -

Air Force One adalah nama untuk pesawat yang mengangkut presiden Amerika Serikat dari masa ke masa, termasuk Joe Biden yang bertandang ke Bali. Tentu sang presiden diberi fasilitas mewah dan teknologi keamanan mumpuni di dalam pesawat yang disebut-sebut teraman di dunia itu.

Air Force One saat ini adalah Boeing 747-200 yang dimodifikasi, telah mengudara sejak tahun 1990. Pesawat pengganti tengah disiapkan, karena memang usianya sudah cukup tua.

Terlebih lagi, Boeing 747-200 sudah tidak diproduksi lagi, sehingga jika ada kerusakan, komponennya makin susah dicari. Walaupun begitu, Air Force One yang mengudara saat ini tetap punya fasilitas nomor wahid untuk presiden.

Walau tak disebutkan detail, presiden memiliki semacam tempat tinggal sendiri di dalam pesawat, dengan kamar tidur, kamar mandi, ruang olahraga, dan ruang kantornya sendiri. Sebagian besar furnitur di Air Force One dibuat dengan tangan oleh tukang kayu ahli.

Di dalamnya ada fasilitas medis kelas satu jika terjadi sesuatu. Ruang medis memiliki apotek luas, banyak peralatan ruang gawat darurat, dan meja operasi lipat. Pesawat itu juga memiliki dokter yang bepergian bersama presiden ke mana pun dia pergi. Ya, pesawat ini dipersiapkan untuk berbagai kemungkinan keadaan darurat.

Dikutip detikINET dari CNBC, Air Force One punya beragam perangkat elektronik, dengan 85 telepon onboard, koleksi radio dua arah, faks dan koneksi komputer. Ada pula 19 televisi dan berbagai macam peralatan kantor.

Sistem telepon diatur untuk sambungan udara ke tanah normal dan juga ke saluran aman. Jadi, presiden dan stafnya dapat menjangkau siapa saja di dunia pada saat terbang puluhan ribu kaki di udara.

Terdapat pula semacam perisai yang cukup kuat untuk melindungi kabel dan elektronik penting dari pulsa elektromagnetik yang terkait dengan ledakan nuklir.

Seperti pesawat tempur, pengisian bahan bakar dalam penerbangan memberi Air Force One kemampuan untuk tetap mengudara tanpa batas waktu, yang dapat menjadi hal krusial dalam situasi darurat.

Tentu banyak teknologinya dirahasiakan, tapi dipastikan Air Force One dirancang untuk menahan serangan udara. Ia dilengkapi teknologi untuk mengganggu radar musuh. Pesawat juga dapat mengeluarkan suar untuk mengecoh rudal pencari panas keluar jalur.



Simak Video "Spesifikasi Pesawat Air Force One yang Bawa Joe Biden ke KTT G20 Bali"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fyk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT