Joe Biden Menuju Bali, Kenapa Air Force One Warnanya Biru?

Joe Biden Menuju Bali, Kenapa Air Force One Warnanya Biru?

ADVERTISEMENT

Joe Biden Menuju Bali, Kenapa Air Force One Warnanya Biru?

Fino Yurio Kristo - detikInet
Minggu, 13 Nov 2022 09:00 WIB
Pesawat Kepresidenan RI yang akan dicat dari biru menjadi merah disoal. Warna pesawat RI sekarang rupanya seperti Air Force One yang mengangkut Presiden AS.
Air Force One yang berwarna biru. Foto: Solaris Images/Getty Images
Jakarta -

Asisten Operasi (Asops) Komando Operasi Udara (Kaskoopsud) II Kolonel Pnb Bambang Sudewo mengatakan, Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden dijadwalkan tiba di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali, Minggu (13/11/2022) malam pukul 19.30 Wita memakai Air Force One.

Kedatangan Joe Biden dalam rangka menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali. Orang nomor satu di Amerika ini dilaporkan tiba menggunakan pesawat US Air Force One yang berwarna biru. Mengapa warnanya biru?

Kelir warna Air Force One yang biru muda dan putih tidak pernah berubah sejak masa kepemimpinan Presiden John F Kennedy di tahun 1962. Warna biru ini ternyata tidak ada kaitannya dengan urusan keamanan atau kamuflase warna langit.

Seperti dikutip detikINET dari Time, ternyata yang berpengaruh besar dalam penentuan desain warna itu adalah sang istri, Ibu Negara Jackie Kennedy.

Ceritanya, Jackie meminta John menyewa desainer kenamaan asal Prancis, Raymond Loewy, untuk merancang Air Force One. Jackie ingin memastikan Air Force One bisa memberi kesan yang baik untuk suaminya sebagai Presiden Amerika. Di samping itu, dia juga tidak ingin desainnya terlalu militer.

Loewy menerjemahkan saran sang ibu negara dengan baik. Jackie antara lain meminta ada bendera Amerika di ekor pesawat dan mengubah kalimat US Air Force menjadi The United States of America.

Untuk palet warna, Loewy memilih desain yang simpel tapi menarik. Ia tahu bahwa Jacky suka warna biru, sehingga warna itulah yang menghiasi sebagian Air Force One di samping putih. Begitulah, warna biru Air Force One yang dipakai hingga saat ini adalah warna kesukaan Jackie Kennedy.

Nah, setelah Donald Trump terpilih sebagai presiden AS pada tahun 2016, ia merencanakan peremajaan pesawat Air Force One karena dianggap sudah tua, beroperasi sejak tahun 1990. Tak cuma itu, dia juga memastikan akan ada perubahan warna.

"Warna biru bayi ini tidak cocok dengan kita. Saya suka dengan konsep merah, putih dan biru dan klasik, dan saya kira akan terlihat jauh lebih baik," sebutnya ketika itu mengenai Air Force One.

Halaman selanjutnya, rencana perubahan warna Air Force One?



Simak Video "Spesifikasi Pesawat Air Force One yang Bawa Joe Biden ke KTT G20 Bali"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT