Raditya Dika Hingga Arief Muhammad, Sosok Sukses dari Blogger

Raditya Dika Hingga Arief Muhammad, Sosok Sukses dari Blogger

ADVERTISEMENT

Raditya Dika Hingga Arief Muhammad, Sosok Sukses dari Blogger

Aisyah Kamaliah - detikInet
Kamis, 27 Okt 2022 12:35 WIB
Raditya Dika Ungkap Tempat Makan Enak dan Legendaris di Blok M
Raditya Dika hingga Arief Muhammad, Sukses yang Berawal dari Blog. Foto: YouTube Raditya Dika
Jakarta -

Blog sempat booming pada masanya, bahkan sampai sekarang. Kebanyakan anak muda di era 2000-an pasti sudah akrab dengan dunia tulis menulis di blog. Beberapa bahkan bisa menjadi sukses, berawal dari ketekunan mereka dalam menghasilkan karya di blog masing-masing.

Contohnya adalah Raditya Dika. Raditya Dika memulai karier sebagai seorang blogger, kemudian menemukan jalan menuju kesuksesan sebagai aktor dan stand up comedian. Selain Radit, ternyata ada banyak nama-nama lain yang juga sukses dari blog seperti dihimpun detikINET, Kamis (27/10/2022). Apakah kamu bisa menebak siapa saja mereka?

1. Raditya Dika

Raditya Dika, Radit, atau Bang Radit, memulai perjalanan kariernya dari dunia blog sampai akhirnya punya website sendiri. Dengan nama kambingjantan.com, Raditya Dika menuliskan kesehariannya dengan narasi kocak yang membuat blognya disukai banyak orang. Nama website-nya kini sudah berubah menjadi www.radityadika.com.

Blognya memang sukses, tapi jalannya untuk menelurkan novel ternyata cukup sulit. Dia harus melakukan presentasi di hadapan penerbit Gagasmedia sebelum akhirnya naskahnya diterima. Dia pun harus melakukan promosi buku gencar-gencaran sampai namanya dikenal luas.

2. Arief Muhammad

Sebelum muncul akun Twitter @Poconggg, Arief Muhammad ternyata lebih dulu mengawali karier sebagai seorang blogger. Setelah sukses dengan akun anonim @Poconggg, Arief Muhammad dan Raditya Dika kemudian mengelola website www.nyunyu.com.

Sudah sekitar 12 tahun Arief Muhammad berkecimpung di dunia digital. Sama seperti Raditya Dika, ia sudah memiliki buku sendiri, film adaptasi bukunya, hingga merambah platform lain seperti YouTube.

3. Bena Kribo

Bena Kribo pernah meraih penghargaan Blogger of the Week dari detikcom. Sebelumnya, ia cukup eksis di media sosial Friendster di tahun 2007, kemudian melebarkan sayap ke blog benazio.blogspot.com. Kini menjadi benablog.com.

Sama dengan nama-nama di atas, Bena menerbitkan buku bertajuk BENABOOK di tahun 2011. Isinya adalah kisah mengenai kehidupan pribadinya dengan penulisan yang kocak.

4. Alit Susanto

Alit memiliki blog yang berisi tulisan ringan namun memikat. Alit kemudian meluncurkan bukunya sendiri seperti Shitlicious hingga Skripshit. Dikenal sebagai 'Mahasiswa Abadi', Alit berhasil menunjukkan ke dunia bahwa dia bisa kok menularkan efek positif ke kalangan anak muda lewat tulisannya.

Jadi bagaimana detikers, blogger mana yang dulu sempat kamu ikuti dari nol hingga bisa sesukses sekarang? Yang pasti, semuanya benar-benar menginspirasi, ya!



Simak Video "Akun YouTube Raditya Dika Diretas"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT