Cerita YouTuber Arief Muhammad, Pernah Jualan Sate di Pinggir Jalan

Cerita YouTuber Arief Muhammad, Pernah Jualan Sate di Pinggir Jalan

Angga Laraspati - detikInet
Jumat, 26 Jun 2020 20:54 WIB
Arief Muhammad
Cerita YouTuber Arief Muhammad, Pernah Jualan Sate di Pinggir Jalan (Foto: Angga Laraspati)
Jakarta -

Siapa yang tidak tahu Arief Muhammad, seorang content creator dengan followers yang hampir jutaan? Ternyata selain menjadi content creator, Arief juga memiliki bisnis yang banyak. Tapi, siapa yang sangka di balik kesuksesannya menjadi seorang content creator dan juga pengusaha ada cerita menarik tentang perjuangannya dalam meraih kesuksesan tersebut.

Dalam acara Smartfren POWER UP Talks yang digelar secara online, Arief bercerita tentang masa lalunya yang harus merantau dari daerah asalnya yaitu Batam dan tinggal sebatang kara di Jakarta. Content Creator dengan akun twitter @Poconggg tersebut bahkan sempat bingung akan passion yang ia punya.

"Gue itu dulu mahasiswa fakultas hukum, dan ketika ada seminar gitu gue selalu stress karena pembicaranya selalu bilang 'ikuti passionmu' dan teman-teman gue sudah pada tahu passionnya apa, sedangkan gue doang yang masih ngawang-ngawang" ungkap Arief Muhammad dalam acara tersebut yang Live di YouTube resmi Smartfren, Jumat (26/6/2020).

Singkat cerita, di tahun 2009 dirinya memulai menjadi content creator di sosial media Twitter yang saat itu sedang hype di kalangan anak muda. Namun, takdir berkata lain tepatnya pada tahun 2014 pengguna Twitter mengalami penurunan yang cukup pesat, hal ini awalnya membuat Arief bingung ingin melakukan apa. Jawabannya pun ia dapatkan ketika dalam kondisi kepepet akibat keuangan yang mulai menurun yaitu dengan berjualan.

"Gue bahkan udah ke arah jualan pulsa, jadi waktu itu ada kenalan jualan pulsa di Jawa. Saking putus asanya gue saat itu, gue akhirnya memutuskan naik kereta api ke Kebumen buat belajar bagaimana jualan pulsa. Abis dari situ gue ke Yogyakarta, nah gue makan di salah satu tempat angkringan, terus tiba-tiba gue kepikiran, kok kayaknya gue bakal lebih happy jualan di pinggir jalan gini ya," jelas Arief.

Tanpa ragu pun Arief memutuskan untuk membuka sebuah gerobak sate pinggir jalan dengan modal yang ia punya waktu itu Rp 3.600.000. Tanpa diikuti rasa malu, dirinya pun menjalani usahanya tersebut dan dengan menggunakan strategi yang tepat 1 tahun berjalannya usahanya kini Arief sudah mempunyai 100 cabang di seluruh Indonesia.

"Jadi yang penting itu fokus, konsisten dan nggak usah dengerin apa kata orang, kita kesampingkan dulu sementara," imbuh Arief.

Lebih lanjut, Arief juga mengatakan untuk menjadi sukses rajin-rajinlah untuk mengulik sesuatu, harus mau capek, dan juga mencari pertemanan sebanyak-banyaknya. Karena semakin banyak teman, semakin banyak peluang yang akan terbuka ke depannya. Lalu, ketika sudah banyak pilihan tentukan satu circle yang satu frekuensi.

"Soalnya banyak loh anak-anak muda yang biasanya suka nongkrong tapi nggak berisi, terus kalo di satu circle itu pasti ada aja teman yang nggak ngepush kita ke atas malah narik kita ke bawah. Nah di situ coba kita bedain mana circle yang isinya teman-teman kita buat hahahihi dan circle yang bakal membawa kita naik ke atas," imbuh Arief.

Untuk itu dalam membuat kita Power Up ke depannya memang ada baiknya untuk memilih teman yang mendukung kita seperti yang dikatakan oleh Arief Muhammad, Nah, salah satu teman yang tepat untuk hal tersebut adalah membership Power Up dari Smartfren yang memberikan berbagai privilege. Bahkan, hal tersebut juga diakui oleh Arief yang mengatakan seharusnya membership ini sudah ada dari dulu.

"Gue jujur deh, kenapa membership ini baru ada sekarang gitu. Dan kalau dulu sudah ada membership ini, jadinya kan kita nggak sendirian nih. Jadi ada teman-teman untuk Power Up bareng nih. Coba ada dari dulu, pasti hidup gue bakal jauh lebih mudah," canda Arief Muhammad.

Sebagai informasi, Power Up Smartfren adalah membership pertama yang memberikan berbagai privilege bagi para penggunanya. Berbagai macam keuntungan seperti bonus kuota, 3% Smartpoin setiap transaksi, dan sisa kuota yang tidak akan hangus bakal didapatkan oleh para membernya.



Simak Video "Smartfren POWER UP Talks - Passion, Mimpi dan Peluang di Mata Arief Muhammad"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/fay)