Raditya Dika Beberkan Rahasia 'Langgeng' Jadi Konten Kreator

Raditya Dika Beberkan Rahasia 'Langgeng' Jadi Konten Kreator

Jihaan Khoirunnisaa - detikInet
Kamis, 08 Apr 2021 08:22 WIB
BNI Creative Club
Foto: Screenshoot detikcom
Jakarta -

Kemajuan teknologi mendorong lahirnya berbagai profesi baru, salah satunya konten kreator. Konten kreator saat ini tengah naik daun, bahkan menjadi salah satu profesi yang kian digandrungi dan diincar oleh mayoritas kaum muda.

Hal tersebut juga diakui oleh Raditya Dika, seorang komika sekaligus youtuber populer Tanah Air. Radit menyebut tren konten kreator ini tidak lepas dari perkembangan konten digital yang bisa dikonsumsi oleh semua kalangan.

"Dari kecil, sekolah yang dulu mau jadi astronot, insinyur, (sekarang) mau jadi youtuber, tiktokers, mau jadi selebgram. Karena di saat kayak gini semua konten digital bisa dikonsumsi oleh banyak orang," ujar Radit saat menjadi pembicara di webinar BNI Creative Club 'Berkreasi untuk #LompatLebihTinggi', beberapa waktu lalu.

Dalam acara ini, Radit memberikan tips bagi kamu yang tertarik dan baru memulai menjadi konten kreator.

1. Temukan Skill Spesifik

Menurut Radit, banyak orang yang ingin sukses jadi kreator tapi salah dalam memulainya. Alih-alih memikirkan platform mana yang ingin dijajal, dia menyebut skill spesifik jadi modal awal untuk berselancar di dunia content creating ini.

"Jangan pikirin platform-nya. Jadi langkah pertama jadi content creator bukan tentukan platform. Bukan kaya elu liat Instagram, pengen jadi selebgram. Lu liat TikTok lagi laku terus jadi tiktokers," terangnya.

Oleh karena itu, cari tahu apa yang menjadi kelebihanmu dan terus asah agar kemampuan tersebut bisa semakin berkembang. Dengan begitu, karya yang dihasilkan akan lebih maksimal dan lebih menginspirasi banyak orang. Sebab, dengan memiliki value, konten kamu jadi lebih bernilai, bahkan mampu mendatangkan penghasilan.

"Jadi kalau kalian di rumah lagi ngerasa skill seperti apa yang saya punya dan harus saya kembangkan. Cari skill yang kalau kita lakuin kayak main-main, tapi yang orang lain liat (kita) lagi kerja. Jadi ada nilai di situ, ada value," imbuhnya.

2. Bukan Sekadar Konten Viral, tapi Bermutu & Berkualitas

Keinginan untuk cepat viral dan terkenal membuat sebagian orang menggunakan gimmick buat menarik banyak views. Namun, Radit menilai cara ini kurang tepat karena popularitas konten sejenis yang berfokus pada gimmick hanya dapat bertahan selama beberapa waktu saja. Beda halnya dengan konten bermutu yang mengedepankan value.

Kualitas akan meninggalkan bekas dan menambah kredibilitas kamu sebagai konten kreator. Value ini bisa bagi menjadi dua, yakni value hiburan atau entertainment dan value edukasi.

"Jadi jangan cuma bikin gimmick doang. Orang bisa aja bikin gimmick, tapi sustain apa nggak. Fokus kita membuat content creating live, yang hidup, tapi sustain. Nggak cuma hari ini terkenal, besok nggak. Nggak cuma hari ini kontennya banyak ditonton, besok orang udah lupa," tuturnya.

3. Be Authentic!

Menjadi diri sendiri sangat penting saat kamu mulai merintis menjadi content creator. Oleh karena itu, Radit berpesan bagi para pemula di dunia content creating untuk membuat karya yang seoriginal mungkin. Dengan begitu konten kamu akan semakin 'terlihat' karena memiliki keunikan tersendiri yang tidak ada pada kreator lain.

Adapun cara untuk menjadi unik dan berbeda, salah satunya dengan mengkombinasikan 2 keahlian yang kamu miliki, seperti komedi dan memasak.

"Jangan menyasar konten yang udah laku. Jadilah otentik, jadilah diri sendiri. Kalian mau bicara soal apa. Apa yang kalian gelisah kan. Jadi nggak perlu repot-repot mengikuti orang lain. Karena dengan menjadi berbeda, otomatis kompetisi akan hilang. Kita tidak akan dibandingkan," jelasnya.

4. Buat Produk Turunan

Supaya karier kamu sebagai konten kreator bisa bertahan lama alias langgeng, Radit berpesan agar kamu tidak berpaku pada satu konten saja. Namun, kamu bisa kembangkan konten tersebut menjadi beberapa produk turunan.

Misalnya saja dari buku menjadi series, kemudian dikembangkan ke dalam film. Dari produk turunan tersebut, kamu bisa sustain untuk tetap berkarya, tapi juga dapat penghasilan dari sana.

"Atau kemarin saya bikin konten stand up komedi. Beberapa cuplikannya saya taro di YouTube. Tapi stand up comedy nya sendiri yang ada di tur Cerita Cintaku saya jual melalui platform digital, (di)-download dengan harga Rp 159 ribu," pungkasnya.

Untuk diketahui, BNI Creative Club 'Berkreasi untuk #LompatLebihTinggi' merupakan program kolaborasi BNI dengan CXO Media. Selain sesi dengan Raditya Dika, webinar ini juga berisi kumpulan kelas inspiratif lainnya yang didedikasikan bagi anak muda Indonesia, seperti entrepreneurship club bersama Putri Tanjung, storytelling club bersama Marchella FP, songwriting club bersama Nino Kayam, serta music performance oleh Ardhito Pramono.

(ncm/fay)