Petinggi Apple Dipecat Gegara Ngomong Jorok di Video TikTok

Petinggi Apple Dipecat Gegara Ngomong Jorok di Video TikTok

ADVERTISEMENT

Petinggi Apple Dipecat Gegara Ngomong Jorok di Video TikTok

Virgina Maulita Putri - detikInet
Jumat, 30 Sep 2022 11:05 WIB
NEW YORK, NY - JULY 23: The Apple logo hangs in front of an Apple store on July 23, 2013 in New York City. Apple is due to report third-quarter earnings after the markets close Tuesday. Apple, the California based technology company, has watched its stock sink to $427.68 a share from an all-time high of $702 last September. The company is under pressure to release a new blockbuster product.  (Photo by Spencer Platt/Getty Images)
Petinggi Apple Dipecat Gegara Video TikTok yang Viral Foto: Gettyimages - Spencer Platt
Jakarta -

Tony Blevins, Vice President of Procurement Apple, dipecat gegara komentarnya di video TikTok yang viral. Video yang diunggah oleh kreator Daniel Mac itu memperlihatkan ucapan Blevins yang dianggap merendahkan perempuan.

Dalam video tersebut, Blevins terlihat sedang keluar dari mobil sport Mercedes-Benz. Mac kemudian menghampirinya dan bertanya kepada Blevins apa pekerjaannya sampai bisa memiliki mobil mewah seperti itu.

"Saya balapan mobil dan bermain golf dan meraba perempuan berdada besar. Tapi saya libur saat akhir pekan dan hari besar," jawab Blevins di video tersebut, seperti dikutip dari The Verge, Jumat (30/9/2022).

Jawaban Blevins itu sebenarnya merupakan kutipan dari film Arthur yang dirilis tahun 1981, tapi sedikit berbeda. Kutipan aslinya adalah: "Saya balapan mobil, main tenis, dan meraba perempuan, tapi saya libur di akhir pekan dan menjadi bos saya sendiri."

@itsdanielmac Quite the occupation this man has ✍️ #mercedesbenz #supercarstiktok #slr #car ♬ original sound - DANIEL MAC

Video itu tidak menyebut nama Blevins secara langsung atau pekerjaannya di Apple. Tapi di akhir videonya ia mengatakan pekerjaannya memberikan asuransi kesehatan gigi yang luar biasa.

Video TikTok itu saat ini sudah ditonton 1,4 juta kali dan mendapatkan lebih dari 142 ribu likes. Setelah video itu viral, Apple langsung membuka investigasi internal yang berujung pada dicabutnya posisi Blevins sebagai pemimpin timnya. Juru bicara Apple kemudian mengonfirmasi bahwa Blevins tidak lagi bekerja di Apple.

Bloomberg juga melaporkan komentar Blevins itu membuat beberapa karyawan Apple marah karena dianggap tidak sesuai dengan misi perusahaan untuk mendorong representasi dan pemberdayaan perempuan.

Kepada Bloomberg, Blevins mengatakan ia ingin meminta maaf secara tulus kepada siapapun yang merasa tersinggung oleh cara guyonnya yang salah sasaran. Blevins sendiri merupakan karyawan veteran yang sudah bekerja 22 tahun di Apple.

Apple memang dikenal sangat ketat dalam mengatur konten yang boleh diunggah oleh karyawannya di media sosial. Belum lama ini, seorang engineer Apple mengaku diancam dipecat setelah videonya yang berisi tips untuk pengguna yang kehilangan iPhone-nya viral di TikTok.

Saat masih bekerja di Apple, Blevins memegang posisi yang cukup penting. Sebagai Vice President of Procurement, Blevins bekerja sama dan negosiasi dengan mitra dan pemasok Apple untuk mendapatkan harga yang paling murah.



Simak Video "Saham Apple Amblas Usai Pabrik iPhone Didemo"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/vmp)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT