Apple Hapus Facebooknya Rusia dari App Store

ADVERTISEMENT

Apple Hapus Facebooknya Rusia dari App Store

Anggoro Suryo - detikInet
Jumat, 30 Sep 2022 10:03 WIB
Apple umumkan pemenang App Store Awards 2021
Foto: dok. Apple
Jakarta -

Apple menghapus sejumlah aplikasi buatan VK dari App Store, termasuk VKontakte, yang sering disebut sebagai Facebooknya Rusia.

VK adalah perusahaan konglomerasi besar asal Rusia, dan dihapusnya aplikasi buatan mereka ini menurut Apple sebagai bagian dari sanksi yang dikenakan Inggris ke Rusia, demikian dikutip detikINET dari The Verge, Jumat (29/9/2022).

Dalam pernyataan di situs VK, mereka menyebut aplikasinya ini diblokir oleh Apple. Namun VK mengaku akan tetap mengembangkan dan mendukung aplikasinya itu di iOS. Sementara menurut juru bicara Apple, aplikasi VK saat ini sudah dihapus dan akun pengembangnya sudah dimatikan.

"Aplikasi-aplikasi ini didistribusikan oleh pengembang yang mayoritas pemilik dan pengaturnya adalah satu pihak atau lebih yang dikenakan sanksi oleh pemerintah Inggris," tulis Adam Dema, juru bicara Apple.

"Untuk mematuhi sanksi ini, Apple mematikan akun developer yang terkait dengan aplikasi-aplikasi ini, dan aplikasi tersebut tak lagi bisa diunduh dari App Store, di mana pun lokasi penggunanya. Sementara pengguna yang sudah terlanjur mengunduh bisa terus menggunakan aplikasi tersebut," tambahnya.

Seperti diketahui, Senin (26/9) lalu Inggris menjatuhkan hukuman sanksi baru terhadap sejumlah oligarki Rusia. Sanksi ini sebagai aksi balasan atas referendum yang baru-baru ini diadakan Rusia di area Ukraina.

Ada 23 eksekutif Gazprombank yang juga dikenakan sanksi ini. Gazprombank adalah bank asal Rusia yang juga punya kaitan dengan VK. VK saat ini adalah perusahaan internet terbesar kedua di Rusia setelah Yandex, yang merupakan Googlenya Rusia.

VK didirikan pada 2006 oleh Pavel Durov, yang kemudian "terusir" dari VK karena menolak mengikuti aturan dari pemerintah Rusia. Kini Durov menjalankan Telegram, aplikasi pengiriman pesan.

Kementerian Digital Rusia menyatakan kalau mereka sedang menginvestigasi alasan penghapusan aplikasi dan akun developer VK, terutama dampak sosial dan skala penggunaan dari layanan yang dihadirkan oleh perusahaan asal Rusia.

Di sisi lain, aplikasi VK saat ini masih tersedia di Google Play Store.



Simak Video "Daftar Aplikasi Pencuri Pulsa di App Store "
[Gambas:Video 20detik]
(asj/asj)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT