Kominfo Arab Saudi Siap Kucur Dana untuk Startup Indonesia Jadi Unicorn

ADVERTISEMENT

Kominfo Arab Saudi Siap Kucur Dana untuk Startup Indonesia Jadi Unicorn

Panji Saputro - detikInet
Sabtu, 03 Sep 2022 11:30 WIB
Nexticorn-MCIT Saudi Arabia Teken MoU, Dukung Kemajuan Startup RI
Nexticorn-MCIT Saudi Arabia Teken MoU, Dukung Kemajuan Startup RI (Foto: Ministry of Communications, Information and Technology, Kingdom of Saudi Arabia)
Bali -

Nexticorn bersama dengan Kementerian Komunikasi Informatika dan Teknologi (MCIT) Kerajaan Saudi Arabia, resmi teken MoU dalam upaya pembiayaan startup di Indonesia. Diharapkan, hal ini dapat mendukung kemajuan perusahaan rintisan lokal yang tersebar di Tanah Air.

Penandatanganan nota kesepahaman tersebut, dilakukan keduanya di Hotel St. Regis, Nusa Dua, Bali, Jumat (2/9/2022). Proses teken sendiri disaksikan oleh beberapa CEO dari startup unicorn Indonesia.

Kepala Yayasan Nexticorn, Rudiantara, mengatakan salah satu kolaborasi ciamik yang dilakukan ini, yaitu set join funding antara Nexticorn dengan pemerintah Saudi melalui MCIT. Nantinya, dana yang terkumpul dialokasikan kepada soonicorn dan unicorn lokal.

"Nanti dikembangkannya tidak hanya untuk pasar Indonesia saja, tetapi pasar Saudi Arabia menjadi hub untuk Middle East and North Africa (MENA)," ujar Rudiantara.

Terkait sumber dana yang dihasilkan, Rudiantara berkata bahwa Nexticorn mencoba berbicara dengan para venture capital. Hanya saja, untuk nominal sendiri belum dibeberkan secara pasti oleh mantan Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia ini.

"Tadi sih ngomong, cuma ya sambil jalan lah ya. Ratusan juta dolar lah pasti. Nanti kita lihat yang soonicorn dan unicorn, karena Nexticron gak berhenti untuk funding kan," ungkapnya.

Menurut pemaparan Rudiantara, join fundingnya dari MCIT Kerajaan Saudi Arabia ialah setengah-setengah. Hal ini mengingat, di Indonesia sendiri juga banyak bersemayam venture capital.

"Karena ini jangan hanya dari internasional saja, tetapi juga nasionalnya ada," terangnya.

Ditanya soal penyebaran dana, ia menyampaikan, fokusnya hanya kepada soonicorn dan unicorn di Indonesia. Kemudian akan dikembangkan marketnya di timur tengah melalui Saudi Arabia.

Lantas, kapan funding-nya mulai bergulir? Kepala Yayasan Nexticorn membeberkan setidaknya dalam satu tahun uangnya sudah masuk.

Sedikit informasi, bahwa penandatanganan ini, hasil dari aktivitas NXC International Summit 2022. Acaranya sendiri telah selesai dihelat, sejak hari Rabu, 31 Agustus hingga Jumat, 2 September 2022.

Di sini, Nexticorn bersama WIR Group menggelar konferensi kurang lebih satu setengah hari yang diisi oleh para narasumber berkualitas. Lalu juga menyisipkan beberapa booth startup, di mana mereka memperkenalkan masing-masing produk yang berhubungan dengan Web3.



Simak Video "Melihat Momen Perayaan Halloween di Arab Saudi"
[Gambas:Video 20detik]
(hps/afr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT