Pesan Buat Startup RI: Jadi Unicorn Bukan Tujuan Akhir!

Pesan Buat Startup RI: Jadi Unicorn Bukan Tujuan Akhir!

ADVERTISEMENT

Pesan Buat Startup RI: Jadi Unicorn Bukan Tujuan Akhir!

Panji Saputro - detikInet
Jumat, 02 Sep 2022 12:14 WIB
Ada Pesan Buat Start Up RI, Jadi Unicorn Bukan Tujuan Akhir
Ada Pesan Buat Start Up RI, Jadi Unicorn Bukan Tujuan Akhir (Foto: Panji Saputro/detikINET)
Nusa Dua -

NXC International Summit 2022, disambangi banyak narasumber luar biasa. Tak lupa para CEO dan Co-Founder perusahaan rintisan ternama, memberikan petuah kepada para startup dan investor yang hadir.

Beberapa di antaranya, ada sebuah pesan dari Kusumo Maranto, CEO & Co-Founder Blibli. Dirinya menyampaikan dengan jelas, bahwa tidak pernah mudah untuk memulai dan mengembangkan suatu bisnis.

"Jadi mudah-mudahan, unicorn bukan tujuan akhir kalian. Kunci utamanya ialah memiliki milestones dan harus dicapai," kata Kusumo, di Merusaka Hotel Nusa Dua, Kamis, (1/9/2022).

Kemudian juga ada George Hendrata, CEO Tiket.com, fokus terlebih dahulu terhadap orang-orang. Di sini, maksudnya ialah pelanggan.

"Anda harus mengetahui dengan baik bagaimana pelanggan tersebut. Mereka sendiri (pelanggan) mengetahui apa yang dibutuhkannya. Lalu ketika startup tahu yang dibutuhkan pasar, dan bisa mengatasinya, maka tujuan menjadi unicorn akan tercapai," ucap George.

Kendati demikian, ia menegaskan, selain dapat menjawab keinginan pasar, perusahaan rintisan juga harus bersinergi. Hal ini mengingat, stakeholder memiliki peran sangat penting untuk pertumbuhan startup.

Lanjut dari Tessa Wijaya, Chief Operating Officer & Co-Founder Xendit, meskipun senada dengan apa yang dikatakan keduanya, ia memiliki sedikit pernyataan berbeda. Setidaknya, Tessa menambahkan bahwa bila fokus pada produk yang diinginkan pelanggan, maka pertumbuhan startup akan semakin cepat.

"Oleh sebab itu, nilai Xendit ialah membuat apa yang diinginkan pelanggan. Jadi berusahalah untuk mendengarkan pelanggan Anda. Jangan terikat dengan produk. Jika anda menghiraukan pelanggan, kemudian suatu waktu anda berpikir memiliki ide yang bagus, tetapi malah mungkin pelanggan tidak menginginkan itu," kata Tessa.

Lanjutnya, pesan untuk para investor, di mana Indonesia merupakan tempat yang memiliki peluang dan banyak inovasi. Di Tanah Air, tambahnya, banyak anak muda yang sangat cerdas, dan telah menghasilkan beberapa produk lebih menakjubkan.

"Seperti mereka yang duduk di sini (NXC International Summit 2022)," terang Tessa.

NXC International 2022, menjadi acara startup keempat kalinya. Acara ini digelar di Nusa Dua, Bali, selama tiga hari. Tepatnya sudah dimulai sejak tanggal 31 Agustus lalu, hingga 2 September mendatang.

[Gambas:Youtube]



(hps/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT