Meta Diajak Bersih-bersih Ruang Digital Indonesia

ADVERTISEMENT

Laporan dari Palo Alto

Meta Diajak Bersih-bersih Ruang Digital Indonesia

Fitraya Ramadhanny - detikInet
Minggu, 31 Jul 2022 15:45 WIB
Menkominfo Johnny G Plate
Foto: Fitraya Ramadhanny/detikinet
Jakarta -

Hoax dan disinformasi menjadi sampah di ruang digital. Meta sebagai platform besar mencakup Facebook, WhatsApp dan Instagram, diajak untuk membantu bersih-bersih konten.

Hal ini menjadi salah satu pembicaraan Menkominfo Johnny G Plate dengan VP of Connectivity Policy Meta, Monica Desai di kantor pusat Meta di Palo Alto, California, Kamis (28/7) atau Jumat (29/7/2022).

Menurut Johnny, ruang digital jadi bersih dengan mengambil tindakan lawful agar tidak digunakan secara salah seperti hoax, malinformasi disinformasi. Itu mesti dijaga agar tidak menyebar di ruang digital di Indonesia.

"Jadi kerja sama dengan Meta untuk membantu memastikan ruang digital kita sehat," kata Johnny.

Kominfo sudah punya tim pemantau konten yang bekerja sama dengan kementerian, lembaga dan perusahaan teknologi global. Take down sebuah konten dipastikan Johnny tidak sembarangan.

"Misalnya untuk take down tidak dengan serta merta, ada prosedur yang sesuai aturan baik aturan Indonesia ataupun code of conduct di perusahaan digital seperti di Meta," kata Johnny.

Johnny mengambil contoh maraknya hoaox COVID-19 dan hoax vaksin. Hoax itu jelas-jelas melanggar aturan community guidelines di medsos tersebut, dan juga aturan yang dimiliki Indonesia sehingga harus dihapus.

Selebihnya, Johnny mengatakan publik jangan sampai khawatir upaya pembersihan ruang digital menjadi cara membungkam masyarakat yang ingin memberikan kritik.

"Kerja sama seperti dengan Meta penting supaya kita bisa membersihkan ruang digital kita, tapi tetap menjaga HAM, kebebasan bicara, kebebasan pers," kata dia.

Menurut Johnny jangan sampai atas nama HAM dan kebebasan bicara, seseorang bisa menyebarkan informasi salah dan palsu di media sosial. Akibatnya, ruang digital menjadi kotor.

"Ini yang kita jaga seimbang dan lawful, sesuai aturan," pungkasnya.



Simak Video "Setiap Orang Bisa Mencoba Kehidupan Virtual di Toko Meta"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fyk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT