Borobudur dan Komodo Ditawarkan Masuk ke Metaverse

ADVERTISEMENT

Laporan dari Palo Alto

Borobudur dan Komodo Ditawarkan Masuk ke Metaverse

Fitraya Ramadhanny - detikInet
Sabtu, 30 Jul 2022 10:23 WIB
Menkominfo Johnny G Plate
tBorobudur dan Komodo Ditawarkan Masuk ke Metaverse. Foto: Fitraya Ramadhanny/detikine
Palo Alto -

Meta ingin mengembangkan metaverse di Indonesia. Borobudur dan Komodo yang ditawarkan masuk metaverse.

Itulah salah satu hasil pertemuan Menkominfo Johnny G Plate dengan Meta di Palo Alto, California, Kamis (28/7) atau Jumat (29/7/2022). Di sini, Menkominfo menjajal Metaverse dan bertemu sejumlah engineer Indonesia di Meta.

"Membawa Metaverse jadi nyata butuh inovasi baru di setiap level. Kami senang berkolaborasi dengan partner di Indonesia untuk membuat Metaverse jadi nyata," kata VP of Connectivity Policy Meta, Monica Desai.

Menkominfo Johnny G Plate mengatakan pemerintah menawarkan destinasi super prioritas Indonesia masuk ke dalam Metaverse. Yang ditawarkan adalah Candi Borobudur dan Labuan Bajo termasuk di dalamnya Pulau Rinca dan Komodo.

"Bagaimana kita bisa memanfaatkan teknologi AR dan VR Metaverse ini agar pemanfaatan teknologi digital ini bisa mendukung turisme sekaligus menjaga agar borobufur terjaga dengan baik," kata Johnny.

Johnny mengambil contoh Komodo di Pulau Rinca. Dengan adanya metaverse, turis bisa mengamati pergerakan Komodo dengan VR, sehingga tidak mengganggu habitatnya.

"Untuk menjaga kelestarian komodo dan keamanan kita, kita datang ke Pulau Rinca, untuk menyaksikan komodo langsung. Kita bisa melalui VR sehingga ada pengalaman langsung bagaimana mengamati komodo melalui metaverse," pungkasnya.

Pembicaraan Meta dan Kominfo juga termasuk di dalamnya membahas ekonomi digital, ruang digital sehat dan pengembangan talenta digital Indonesia. Pergelaran kabel laut dari pantai barat Amerika dan Indonesia oleh Meta juga menjadi strategi di sisi hulu untuk memperkuat konektivitas.

"Juga spektrum frekuensi termasuk yang khusus dibutuhkan Meta di 6 GB, itu nanti kita akan lihat, kita akan pelajari," pungkasnya.



Simak Video "Menkominfo Apresiasi Akselerasi Infrastruktur Era Jokowi-Ma'ruf Amin"
[Gambas:Video 20detik]
(fay/fyk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT