Jangan Takut Laporkan Pelecehan di Dunia Maya - Halaman 2

ADVERTISEMENT

Jangan Takut Laporkan Pelecehan di Dunia Maya

Anggoro Suryo - detikInet
Minggu, 24 Jul 2022 20:13 WIB
ilustrasi bullying di medsos
Ilustrasi bullying di internet. Foto: (Edi Wahyono/detikcom)

Pemateri selanjutnya, Aribowo Sasmito menyampaikan materi keamanan digital berjudul 'Kenali dan Pahami: Rekam Jejak Digital di Era Digital'. Kemudahan dan kepraktisan yang ditawarkan era digital tentu berbanding terbalik dengan keamanan.

Maka dari itu, penting untuk memiliki kompetensi keamanan digital meliputi mengamankan perangkat dan identitas digital, mewaspadai penipuan digital, memahami rekam jejak digital dan memahami keamanan digital bagi anak.

Terkait rekam jejak digital, ingat peribahasa 'jempolmu harimaumu!'. Bijaklah bermedia digital agar jejak digital, baik yang aktif maupun pasif, tetap positif.

"Kebiasaan di media digital akan berkait dengan attitude dan cara dia mengambil keputusan. Banyak HRD sekarang memperhatikan ini. Maka, perhatikan jejak digital Anda," kata Aribowo.

Dengan hadirnya program Gerakan Nasional Literasi Digital oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika RI diharapkan dapat mendorong masyarakat menggunakan internet secara cerdas, positif, kreatif, dan produktif.

Kegiatan ini khususnya ditujukan bagi para komunitas di wilayah Kalimantan dan sekitarnya yang tidak hanya bertujuan untuk menciptakan Komunitas Cerdas, tetapi juga membantu mempersiapkan sumber daya manusia yang lebih unggul dalam memanfaatkan internet secara positif, kritis, dan kreatif di era industri 4.0.

(asj/rns)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT