Cara Baru Menghasilkan Uang di Era Digital

ADVERTISEMENT

Cara Baru Menghasilkan Uang di Era Digital

Anggoro Suryo - detikInet
Jumat, 22 Jul 2022 15:30 WIB
Low below angle view photo of charming, cute beautiful attractive girlfriend browsing through her phone in search of something while wearing jeans denim yellow sweater
Foto: Getty Images/iStockphoto/Deagreez
Jakarta -

Hobi berselancar di internet, apabila ditekuni dengan sungguh-sungguh, bisa menghasilkan uang dan menjadi sumber pendapatan baru. Beberapa contohnya adalah narablog tentang kuliner, destinasi wisata, ataupun resensi film. Hobi tersebut membutuhkan dukungan beberapa aplikasi khusus untuk membuat konten.

Demikian yang dibahas dalam webinar yang diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika RI bersama Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi dengan tema "Jadikan Hobi untuk Mendulang Cuan", Jumat (15/7), di Makassar, Sulawesi Selatan.

Acara yang dipandu oleh Kneysa Sastrawijaya selaku moderator tersebut menghadirkan tiga narasumber, yaitu Pendiri Duaide.com Desty Dwiyanasari; Relawan TIK Sulawesi Barat Mahadir; dan Abdul Malik selaku Dosen Polimedia Kreatif.

Dalam webinar tersebut, Desty menjelaskan bahwa saat ini terdapat banyak hobi kekinian yang dapat mendatangkan uang. Contohnya, individu yang gemar menjelajah tempat baru dan kuliner maka dapat memanfaatkan hobinya dengan menjadi narablog khusus makanan maupun destinasi wisata atau apabila gemar menonton film maka bisa membuat konten yang berisi pembahasan terkait film-film yang telah ditonton.

Desty juga menambahkan mengenai beberapa tips dan trik untuk memaksimalkan konten hobi tersebut, seperti menggunakan aplikasi yang sesuai, belajar mengoptimalisasi konten, serta meningkatkan keterampilan dengan literasi digital.

"Gunakan kecakapan digital untuk mencari informasi dari mesin pencarian peluang hobi yang sesuai dengan minat dan menghasilkan uang dari hal tersebut. Hilangkan pola pikir ketakutan yang berlebihan dan kekhawatiran yang tidak masuk akal. Mari mulai melakukan sesuatu sesuai dengan yang kita bisa," terang Desty.

Lalu Mahadir, dalam sesinya, menerangkan mengenai strategi bisnis digital. Menurutnya, strategi bisnis digital dapat diartikan sebagai rencana yang cermat dalam memanfaatkan alat-alat digital dan kecanggihan teknologi untuk mencapai sasaran (menciptakan/memasarkan produk).

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT