Emak-emak Gabut Buat Hoax Rusia di Wikipedia, 10 Tahun Baru Ketahuan

Emak-emak Gabut Buat Hoax Rusia di Wikipedia, 10 Tahun Baru Ketahuan

ADVERTISEMENT

Emak-emak Gabut Buat Hoax Rusia di Wikipedia, 10 Tahun Baru Ketahuan

Aisyah Kamaliah - detikInet
Jumat, 01 Jul 2022 22:36 WIB
Rusia Tuntut Informasi Perang Ukraina Dihapus, Wikipedia Ajukan Banding
Emak-emak Gabut Buat Hoaks di Wikipedia, Sudah 10 Tahun Baru Ketahuan. Foto: DW (News)
Jakarta -

Seorang pengguna situs tanya jawab Zhihu, di China, tidak sengaja menemukan hoax berumur 10 tahun lebih. Orang tersebut bernama Yifan, seorang penulis novel fantasi yang sedang menelusuri Wikipedia untuk menemukan inspirasi. Ternyata, pembuat hoaxnya adalah emak-emak gabut.

Awalnya menurut cerita Yifan di Zhihu, dia menemukan sebuah tulisan tentang 'Kashen Silver Mine' yang disebut-sebut memiliki 40 ribu pekerja. Tambang ini konon ditemukan di Rusia. Dia pun langsung tertarik untuk mendalami isu itu lebih jauh.

"Setelah menemukan informasi ini, aku ingin membagikannya ke sejumlah teman, lalu aku menemukan masalah," ucapnya sebagaimana melansir IFL Science, Jumat (1/7/2022).

Setelah teman-temannya melakukan riset, mereka berpendapat bahwa tambang perak Kashen ini tidak benar-benar ada. Mereka pun mulai menyelidiki pengguna yang membuat halaman tersebut, mereka menemukan bahwa versi bahasa China dari sejarah Rusia ini cenderung jauh lebih panjang dan lebih rinci daripada yang ada di Bahasa Rusia.

"Ada karakter yang tidak ada di Wiki Inggris-Rusia di Wiki China, dan karakter ini bahkan dimasukkan ke dalam tokoh sejarah," tulis Yifan.

Halaman-halaman yang sekarang sudah dihapus ini dibuat sedetil cerita novel. Zhemao, begitulah nama si pelaku, ketahuan menggunakan banyak akun untuk membuat halaman palsu ini. Pengeditan berlangsung selama lebih dari satu dekade, setidaknya sejak 17 Januari 2010. Meskipun telah ada upaya bersama oleh editor Wikipedia untuk membersihkan kekacauan yang ditinggalkan oleh si penipu, mereka khawatir bahwa informasi palsu telah menyebar ke halaman lain.

Untuk latar belakang pembuat hoax ini, Zhemao adalah ibu rumah tangga penuh waktu yang mulai menerjemahkan konten dari Rusia ke China. Zhemao disebut mengutip buku-buku yang tidak ada, dan nomor halaman dari buku-buku asli yang tidak mendukung klaimnya.

"Seperti kata pepatah, untuk berbohong, Anda harus lebih banyak berbohong. Saya enggan menghapus ratusan ribu kata yang saya tulis, tetapi sebagai hasilnya, saya akhirnya kehilangan jutaan kata, dan lingkaran teman akademis," tulis Zhemao dalam bahasa Inggris dalam surat permintaan maaf ke Wikipedia.

"Masalah yang saya sebabkan sulit untuk ditebus, jadi mungkin larangan permanen adalah satu-satunya pilihan. Pengetahuan saya saat ini tidak cukup untuk mencari nafkah, jadi di masa depan saya akan belajar kerajinan, bekerja dengan jujur, dan tidak melakukan hal-hal bohong seperti ini lagi," tandasnya.



Simak Video "Ferdy Sambo Hingga Fadil Imran Jadi Sasaran Akun @rakyatjelata_98"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT