Sajikan Berita Akurat, Google Akan Bayar Layanan Wikipeda

ADVERTISEMENT

Sajikan Berita Akurat, Google Akan Bayar Layanan Wikipeda

Josina - detikInet
Minggu, 26 Jun 2022 16:36 WIB
Sydney, Australia - October 28, 2011: Female hand holding an ipad showing Google. She is touching the screen. There is coffee on the dining table in the background.  This image shows the ipad being used in a casual environment.
Foto: Getty Images/courtneyk
Jakarta -

Demi menyajikan informasi paling akurat dan terkini di mesin pencariannya, Google dikabarkan akan membayar layanan dari Wikimedia Foundation sebuah kelompok nirlaba di balik Wikipedia.

Melansir dari The Verge, Wikimedia Foundation mengatakan Google merupakan salah satu perusahaan yang menjadi pelanggan pertama untuk layanan Wikimedia Enterprise.

Wikimedia Enterprise yang baru diluncurkan tahun lalu memungkinkan penggunanya termasuk Google untuk dapat mengakses kembali sebagian besar informasi dari Wikipedia dengan lebih efisien.

Alih-alih mengandalkan pembuangan data gratis dan API yang tersedia untuk umum, Wikimedia Enterprise memungkinkan pelanggan mereka menggunakan API yang lebih cocok untuk mendaur ulang dan mengeluarkan informasi dalam skala yang lebih besar.

Layanan ini juga memungkinkan pelanggan untuk melakukan pembaruan pada konten yang digunakannya, hal ini membantu untuk mencegah informasi usang atau tidak akurat yang muncul pada browser di luar Wikidpeda.

Google menggunakan layanan Wikimedia dalam beberapa cara. Salah satunya yang paling jelas yaitu dalam panel pengetahuan yang muncul di sisi halaman hasil Google Search. Hal tersebut akan muncul saat ketika pengguna mencari orang, tempat atau hal-hal di dalam basis data besar Google.

Dengan demikian, Wikipedia menjadi salah satu sumber yang sering digunakan Google untuk mengisi informasi yang ada dalam panel tersebut. Google juga mengutip Wikipedia di panel informasi yang ditambahkannya ke beberapa video YouTube untuk melawan misinformasi dan teori konspirasi.

Akan tetapi, belum jelas bagaimana kemitraan baru antara Google dengan Wikimedia Foundation ini akan bekerja.

Direktur pelaksana kemitraan pencarian Google, Tim Palmer hanya sekilas mengatakan bahwa Google berharap untuk memperdalam kemitraannya dengan Wikimedia Foundation melalui layanan perusahaannya. Sementara itu, dari pihak Wikimedia Foundation pun masih menolak untuk berkomentar terkait laporan kemitraan dengan Google.

Direktur senior pendapatan Wikimedia Enterprise, Lane Becker mengatakan bahwa layanan ini masih dalam tahap awal dari kerja sama tersebut dan menolak untuk menjelaskan lebih spesifik.

Google telah memberikan donasi ke Wikimedia Foundation sebelumnya, tetapi ini menandai pertama kalinya ia masuk sebagai pelanggan sebenarnya.

Selain Google, Wikimedia Foundation mengumumkan bahwa Internet Archive juga telah menjadi pelanggan perusahaan meskipun tidak membayar untuk layanan tersebut.

The Internet Archive adalah sebuah organisasi nirlaba yang mengoperasikan sebuah situs website bernama Wayback Machine.

Situs tersebut bekerja untuk mengarsipkan tangkapan layar dari halaman web yang memungkinkan pengguna untuk melihat informasi yang dihapus atau diubah, serta melihat tata letak pada website jadul.



Simak Video "Layanan Sempat Terkendala, Google Minta Maaf"
[Gambas:Video 20detik]
(jsn/rns)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT