Aksi Roy Suryo Posting Meme Stupa, Hapus, Minta Maaf dan Lapor Polisi

ADVERTISEMENT

Round Up

Aksi Roy Suryo Posting Meme Stupa, Hapus, Minta Maaf dan Lapor Polisi

Agus Tri Haryanto - detikInet
Sabtu, 18 Jun 2022 08:47 WIB
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Roy Suryo mengunjungi redaksi detiksport di Gedung Aldevco, Jakarta Selatan, Jumat (1/2). Kunjungan ini dimaksudkan untuk bersilahturahmi dan berdiskusi seputar permasalahan olahraga. File/detikFoto.
Aksi Roy Suryo Posting Meme Stupa, Hapus, Minta Maaf dan Lapor Polisi. Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

Kicauan Roy Suryo di Twitter yang memposting stupa Borobudur yang diedit mirip wajah Presiden Joko Widodo (Jokowi) berbuntut panjang. Meski sudah menghapus dan meminta maaf, Roy Suryo telah melukai umat Buddha.

Peristiwa tersebut bermula ketika mantan Menpora ini memprotes kenaikan harga tarif masuk ke Candi Borobudur.

"Mumpung akhir pekan, ringan2 saja Twit-nya. Sejalan dgn Protes Rencana Kenaikan Harga Tiket naik ke Candi Borobudur (dari 50rb) ke 750rb yg (sdh sewarasnya) DITUNDA itu, Banyak Kreativitas Netizen mengubah Salah satu Stupa terbuka yg Ikonik di Borobudur itu, LUCU, he-3x 🤣 AMBYAR," demikian cuitan Roy Suryo.

Tidak ada yang salah dengan tweet Roy Suryo. Hanya saja dalam foto yang disertakan di postingan ini yang mengundang banyak kritikan, stupa Borobudur yang diedit dengan wajah mirip Jokowi.

Mengetahui tweet-nya jadi kontroversial, Roy Suryo lantas menghapus postingannya sebagai bentuk pertanggungjawaban. Ia juga meminta maaf akan postingan tersebut, tetapi luka sudah kadung teriris.

Adalah Dharmapala Nusantara yang tadinya akan melaporkan ke polisi. Akan tetapi laporan Dharmapala Nusantara itu ditolak, dengan alasan sudah ada yang melaporkan Roy Suryo lebih dahulu atas perkara yang sama.

"Bahwa laporan tadi tidak diterima, karena ternyata pada 16 Juni kemarin sudah ada yang melapor dengan kasus yang sama, terhadap orang yang sama, pasal yang sama kita laporkan, sehingga tidak bisa diproses," kata kuasa hukum Kevin Wu, Antoni, kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (17/6).

Netizen juga beraksi terhadap aksi Roy Suryo itu, yang menurutnya bahwa ia juga menyebarkan meme stupa Borobudur ke khalayak lebih luas lagi.

"Hukum ga boleh pandang bulu!! Kelakuan Model Roy Suryo ini ga bisa dibiarkan, harus diproses hukum. Konyol banget cara si @KRMTRoySuryo2 Ngelessss," kata @m3juah***.

"Roy Suryo harus diproses hukum. Ingat kasus Ahok, walau sudah minta maaf tetap proses hukum berjalan dan divonis penjara 2 th.👇👇," kata @jayabay194***.

"Mgkin Roy suryo pikir bahwa dia hanya memposting ulang meme tersebut, Dan ga ada pasal pidananya. Dia ga tau bahwa yg dia posting tersebut sebuah keyakinan kelompok tertentu😀," kata @teristie***.

"Lho gak sadar ya dan gak merasa bersalah. Yang menyebarkan itu dia andai gak dipakai ngetweet roy suryo mungkin banyak orang gak tahu, lalu kalimat yg dilontarkan jg dr pengedit foto? Kok onok menungso koyok ngono, sirahe wis buyer tenan," kata @kiwa***.

Halaman berikutnya pengamat TIK dan medsos menilai Roy Suryo salah berikan contoh ke masyarakat



Simak Video " Roy Suryo Kini Ditahan, Sempat Kontroversi Hadiri Klub Mercy"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT