Polisikan Pembuat Meme Stupa, Roy Suryo Dinilai Netizen Tetap Salah

Polisikan Pembuat Meme Stupa, Roy Suryo Dinilai Netizen Tetap Salah

Tim - detikInet
Jumat, 17 Jun 2022 12:30 WIB
Roy Suryo menghadiri pemakaman Vanessa Angel (Nahda Rizki Utami/detikcom).
Foto: Roy Suryo (Nahda Rizki Utami/detikcom).
Jakarta -

Roy Suryo sudah meminta maaf dan melaporkan akun Twitter yang memuat meme stupa Borobudur dengan wajah mirip Presiden Joko Widodo. Namun netizen tetap menilai Roy Suryo salah karena ikut menyebarkan.

"Malam ini Kamis (16/6/2022) Kuasa Hukum saya Pitra Romadhoni Nasution SH MH, membuat LP ke Polda Metro Jaya untuk Para Pengunggah Meme Awal sesungguhnya-yg digoreng BuzzerRp-"seolah2 EDitan saya". Namun demikian secara gentle saya tetap Mohon maaf, khususnya kepada Ummat Buddha," cuit Roy Suryo melalui Twitter tadi malam.

Roy Suryo mengaku tidak punya niat melecehkan umat Buddha dengan postingannya itu. Roy Suryo sendiri telah menghapus postingannya itu setelah menyadari unggahannya itu telah menimbulkan polemik.

Menurut Chairman Lembaga Riset Keamanan Siber CISSReC, Pratama Persadha, meski postingan itu dikatakan meme dan buatan netizen lain, seharusnya Roy Suryo memahami betul isi postingan tersebut dan dampaknya. Roy Suryo sebagai salah satu influencer, postingan yang diunggah tentunya bisa menjangkau banyak orang. Tindakan Roy Suryo berakibat tersebarnya informasi meme stupa Borobudur itu secara luas.

Hal ini tampaknya senada dengan reaksi netizen Indonesia di media sosial. Dipantau detikINET, Jumat (17/6/2022) banyak cuitan netizen yang berpendapat Roy Suryo tetap salah karena ikut menyebarkan dan meminta agar Roy Suryo tetap diberikan sanksi tegas karena perbuatannya tersebut dinilai mereka sudah sebagai bentuk penghinaan terhadap presiden dan pelecehan terhadap agama Buddha.

Inilah beberapa komentar netizen di Twitter:

"Hukum ga boleh pandang bulu!! Kelakuan Model Roy Suryo ini ga bisa dibiarkan, harus diproses hukum. Konyol banget cara si @KRMTRoySuryo2 Ngelessss," kata @m3juah***.

"Roy Suryo harus diproses hukum. Ingat kasus Ahok, walau sudah minta maaf tetap proses hukum berjalan dan divonis penjara 2 th.๐Ÿ‘‡๐Ÿ‘‡," kata @jayabay194***.

"Mgkin Roy suryo pikir bahwa dia hanya memposting ulang meme tersebut, Dan ga ada pasal pidananya. Dia ga tau bahwa yg dia posting tersebut sebuah keyakinan kelompok tertentu๐Ÿ˜€," kata @teristie***.

"Lho gak sadar ya dan gak merasa bersalah. Yang menyebarkan itu dia andai gak dipakai ngetweet roy suryo mungkin banyak orang gak tahu, lalu kalimat yg dilontarkan jg dr pengedit foto? Kok onok menungso koyok ngono, sirahe wis buyer tenan," kata @kiwa***.



Simak Video "Laporan Ditolak, Dharmapala Nusantara Tetap Kawal Kasus Roy Suryo"
[Gambas:Video 20detik]
(jsn/fay)