Polemik Roy Suryo, Ini 4 Cara Hadapi Konten Negatif di Medsos

Polemik Roy Suryo, Ini 4 Cara Hadapi Konten Negatif di Medsos

ADVERTISEMENT

Polemik Roy Suryo, Ini 4 Cara Hadapi Konten Negatif di Medsos

Tim - detikInet
Jumat, 17 Jun 2022 18:16 WIB
Tangkapan layar akun Twitter Roy Suryo
Foto: Tangkapan layar akun Twitter Roy Suryo
Jakarta -

Unggahan akun media sosial Roy Suryo yang menampilkan meme stupa Borobudur berwajah Presiden Joko Widodo (Jokowi) menuai kritikan. Mantan Menteri Pemuda dan Olahraga itu dinilai tak bijak dan memberi contoh buruk pada masyarakat.

Pengamat media sosial Enda Nasution berpendapat, Roy sebagai tokoh publik seharusnya memberikan contoh yang baik untuk masyarakat dengan tidak memposting ulang meme tersebut.

"Dengan memposting ulang meme itu, Roy Suryo seolah memperlihatkan bahwa tidak apa-apa me-retweet atau memposting ulang sebuah konten yang tidak baik," ujarnya, dihubungi Jumat (17/6/2022).

Enda menyebutkan, ketika menemukan konten yang tidak baik, tindakan paling sederhana yang bisa kita lakukan adalah tidak ikut menyebarkan. Berikut ini beberapa tahapan yang disarankan olehnya jika kita menemukan konten negatif di internet.

  1. Berhenti di kamu
    Artinya konten tersebut jangan sampai kita sebarkan lagi ke orang lain.
  2. Informasikan si pemilik konten bahwa yang dilakukannya tidak baik
    "Kalau masih punya energi dan waktu, kita nasehati, beri informasi tambahan bahwa hal seperti ini lebih baik jangan dilakukan," kata Enda.
  3. Laporkan ke platform media sosial yang digunakan untuk menyebarkan konten
    "Kita bisa melakukan report ke pemilik platform karena berdasarkan ketentuan layanan konten itu bersifat ujaran kebencian atau hoax, atau persekusi secara online tidak boleh dilakukan misalnya," jelas Enda lagi.
  4. Laporkan ke pihak berwajib
    "Kalau memang kita masih punya energi, dan kita merasa ini berbahaya, kita laporkan ke pihak berwajib," tegasnya.

Enda berpesan bagi seorang public figure, mantan pejabat, apalagi yang memiliki audience besar, dituntut lebih bertanggung jawab. Dia sebaiknya tidak menyebarkan informasi atau konten yang tidak mendidik, namun justru memberikan pendidikan juga kepada masyarakat.

"Mengkritik di medsos tentu boleh, tapi yang terjadi ini kan bukan kritik, hanya ejek-ejekan. Ya itu tadi, tolong dong apalagi kalau levelnya sudah pejabat masa ikut-ikutan seperti itu. Yang berkualitas lah, bisa di-support oleh data, apalagi kalau bisa memberikan saran, masukan yang lebih bermanfaat jadi nggak berhenti sekadar ejekan," tutupnya.



Simak Video "Kilas Balik Roy Suryo Hingga Ditahan karena Meme Stupa Borobudur"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT