Bill Gates Dituding Bayar Jutaan Dolar Jegal Elon Musk Kuasai Twitter

Bill Gates Dituding Bayar Jutaan Dolar Jegal Elon Musk Kuasai Twitter

Adi Fida Rahman - detikInet
Kamis, 26 Mei 2022 09:30 WIB
FILE - In this Feb. 9, 2019, file photo, Bill Gates, chairman of the Bill & Melinda Gates Foundation, attends the Africa Leadership Meeting - Investing in Health Outcomes held at a hotel in Addis Ababa, Ethiopia. Leaders of the Gates and Rockefeller Foundations — grant makers that have committed billions of dollars to fight the coronavirus — are warning that without larger government and philanthropic investments in the manufacture and delivery of vaccines to people in poor nations, the pandemic could set back global progress on education, public health, and gender equality for years. (AP Photo/Samuel Habtab, File)
Bill Gates Dituding Bayar Jutaan Dolar Jegal Elon Musk Kuasai Twitter. Foto: AP/Samuel Habtab
Jakarta -

Nama Bill Gates kembali jadi sorotan. Tidak saja karena ramalannya yang dikaitkan dengan penyakit cacar monyet, sang pendiri Microsoft ini dituding membayar jutaan dolar demi jegal Elon Musk kuasai Twitter.

Berdasarkan laporan Breitbart News, para peneliti Foundation for Freedom Online (FFO) mengidentifikasi ratusan juta dolar mengalir dari yayasan Bill Gates ke 11 dari 26 organisasi yang menandatangani surat terbuka bulan lalu yang mendesak pengiklan Twitter untuk memboikot perusahaan jika Elon Musk memulihkan kebebasan berbicara di platform tersebut.

New Venture Fund, yang pada tahun 2020 menerima komitmen satu tahun dari Gates Foundation dalam lebih dari setengah dekade, mendanai empat penandatangan:

  • The Center for Media Justice
  • The Media Democracy Fund
  • The National Hispanic Media Coalition (via the Media Democracy Fund)
  • Accountable Tech

Tides Foundation, juga penerima uang Gates Foundation, mendanai lima penandatangan:

  • Free Press
  • Indivisible
  • NARAL Pro-Choice America
  • Media Matters
  • Black Lives Matter Global Network

Dua penandatangan lainnya terikat dengan uang Gates Foundation:

  • Empowering Pacific Islanders Community (didanai oleh Mitra Komunitas yang didukung Gates )
  • Reproaction ( sebuah proyek dari NEO Philanthropy yang didukung Gates)

Adanya temuan FFO ini tentunya akan memanaskan perseteruan antara Gates dan Musk. Setidaknya ini sudah terlihat dari respon bos Tesla dan SpaceX atas laporan tersebut dalam kicuannya terbaru.

"What a dick move!," kata Musk di akun Twitternya.


Sebelumnya Musk sempat mengejek Gates dengan menyandikannya dengan emoji Pregnant Man. "Jika kamu perlu menghilangkan kesalahan dengan cepat," tulisnya dalam, postingan tersebut.

Entah apa yang memicu Elon Musk mengunggah tweet tersebut. Namun apapun alasannya, hal tersebut dirasa kurang elok karena mengejek fisik seseorang.

Namun beberapa netizen mengaitkan tweet ejekan tadi dengan kemarahan Musk kepada Gates yang telah mencoba mempersingkat kepemilikan saham Tesla yang bernilai setengah miliar dolar. Ini dapat mendorong harga saham Tesla nyungsep.

Pengguna Twitter Whole Mars Catalog, yang membagikan gambar percakapan antara Elon Musk dan Bill Gates. Disebutkan kalau Gates mengirim SMS kepada Elon Musk untuk membahas "filantropi" tentang perubahan iklim.

Namun, Elon Musk telah mengonfrontasi Gates dengan menanyakan apakah dia masih memiliki setengah miliar short position di saham Tesla. Gates mengatakan, "Maaf untuk mengatakan, saya belum menutupnya", yang berarti bahwa mantan suami Melinda ini masih memegang short position yang cukup besar di Tesla, yang dapat mengganggu harga saham Tesla.

Musk yang marah menanggapi Bill Gates dengan mengatakan bahwa dia tidak dapat menganggap serius kegiatan filantropi perubahan iklim ketika dia memiliki short position yang besar terhadap Tesla, perusahaan yang melakukan yang paling banyak untuk menyelesaikan Perubahan Iklim.

Pengguna Twitter sempat menandai Elon Musk untuk mengonfirmasi apakah insiden itu benar. Orang terkaya di dunia ni menanggapinya dengan mengatakan itu benar, tetapi dia tidak membocorkannya ke New York Times.

"Mereka pasti mendapatkannya melalui teman dari teman. Saya mendengar dari banyak orang di TED bahwa Gates masih memiliki setengah miliar short di Tesla, itulah sebabnya saya bertanya kepadanya, jadi itu bukan rahasia besar, "kata Musk.

Mungkin karena banyaknya yang merespon kicauannya dengan kritikan, Elon Musk akhirnya menanggapi tweetnya sendiri. "Dewan shadow band sedang meninjau tweet," tulisnya.



Simak Video "Bill Gates Positif Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(afr/afr)