5 Teori Konspirasi Aneh Tentang Cacar Monyet

5 Teori Konspirasi Aneh Tentang Cacar Monyet

Fino Yurio Kristo - detikInet
Rabu, 25 Mei 2022 12:48 WIB
Penyebaran Infeksi Virus Cacar Monyet Terjadi di Eropa dan AS
Teori konspirasi tentang cacar monyet atau monkeypox. Foto: DW (News)
Jakarta -

Cacar monyet atau monkeypox mulai bikin cemas di beberapa negara. Teori konspirasi pun menyebar di dunia maya, seperti biasa tanpa bukti sahih. Berikut beberapa teori konspirasi aneh soal monkeypox yang dikutip detikINET dari Independent, Rabu (25/5/2022):

1. Wabah cacar monyet terkait dengan vaksin Corona

Salah satu teorinya adalah vaksin Corona terkait langsung dengan wabah cacar monyet. Diklaim bahwa vaksin AstraZeneca dan Johnson & Johnson khususnya, yang menggunakan vector adenovirus yang biasanya menyebabkan flu di simpanse, menjadi penyebabnya.

Namun vector adenovirus itu tak berbahaya, sudah dilemahkan, serta dimodifikasi secara genetis sehingga tak bikin penyakit di manusia. Bahkan sebenarnya, monyet pun bukan sumber alami cacar monyet. Menurut Dr Michael Skinner, pakar virus di Imperial College, monkeypix adalah penyakit hewan kecil di Afrika termasuk hewan pengerat.

2. Bill Gates dalang cacar monyet

Nama Bill Gates kembali disinggung-singgung oleh penggemar teori konspirasi bahwa dia mungkin dalang dari merebaknya cacar monyet. Hal yang sama menerpa pula saat dia pernah dituding memunculkan virus Corona.

Terlebih Bill Gates beberapa kali meramal dunia akan menghadapi pandemi berbahaya. Akan tetapi prediksi semacam itu adalah berdasarkan ilmu pengetahuan dan sama sekali tidak ada bukti Bill Gates ingin menyebar wabah.

3. Amerika Serikat di balik cacar monyet

Mirip dengan teori konspirasi bahwa virus Corona dibuat sengaja di laboratorium, teori bahwa Amerika Serikat dengan sengaja melepas virus monkeypox merebak di medsos.

Disebut pula bahwa pada tahun 2021, AS mempersiapkan skenario jika terjadi pandemi cacar monyet. Akan tetapi hal ini bukan sesuatu yang istimewa. Negara-negara selalu melakukan persiapan dini jika terjadi wabah, walau sering eksekusinya tidak berjalan lancar jika benar terjadi.

Halaman selanjutnya, Amerika sudah mempersiapkan vaksin cacar >>>

Simak juga 'WHO: Wabah Cacar Monyet Masih Dapat Dibendung':

[Gambas:Video 20detik]