Rudal Penghancur Disiapkan Lawan Blokade Rusia di Laut Hitam

Rudal Penghancur Disiapkan Lawan Blokade Rusia di Laut Hitam

Fino Yurio Kristo - detikInet
Rabu, 25 Mei 2022 17:20 WIB
Rudal Harpoon
Rudal Harpoon pernghancur kapal. Foto: Wikipedia
Jakarta -

Pentagon menyatakan, beberapa negara telah sepakat memberikan bantuan baru persenjataan teknologi tinggi ke Ukraina. Salah satunya Denmark yang menyatakan siap memasok rudal anti kapal, Harpoon.

Harpoon adalah buatan perusahaan Boeing dan berasal dari Amerika Serikat dan dimiliki beberapa negara termasuk Denmark. Rudal ini sudah ada sejak tahun 1977 dan terus diperbaharui kecanggihannya.

Bantuan Harpoon akan menjadi salah satu rudal jarak jauh pertama yang diperbantukan ke Ukraina. Di tengah serangan Rusia, Ukraina memerlukan senjata lebih canggih termasuk rudal anti kapal dan roket jarak jauh.

Sejauh ini, kebanyakan bantuan adalah sistem rudal jarak pendek seperti Javelin yang meskipun efektif menghancurkan tank Rusia, daya jangkaunya terbatas.

Seperti dikutip detikINET dari Reuters, Rabu (25/5/2022) rudal Harpoon diharapkan dapat menembus blokade kapal Rusia di pelabuhan Ukraina, sehingga ekspor gandum dan produk pertanian lain bisa dilakukan lagi.

"Kami khususnya berterima kasih pada Denmark yang mengumumkan hari ini bahwa mereka akan menyediakan launcher dan rudal Harpoon untuk membantu Ukraina mempertahankan pelabuhannya," kata Menhan AS, Lloyd Austin.

Ia mengatakan AS akan membantu pengiriman lebih banyak rudal anti kapal dengan daya jangkau jauh. Harpoon sendiri yang sepanjang 3,8 meter bisa ditembakkan dari pesawat, kapal permukaan, kapal selam, ataupun di area pertahanan pantai. Harga per unitnya relatif murah, sekitar USD 1,5 juta.

Harpoon dapat terbang di atas air untuk menghindari serangan dari lawan ketika menyasar targetnya. Bagian ujungnya memiliki hulu ledak seberat 221 kilogram yang akan meledak begitu mencapai incarannya.

Kecepatan Harpoon bisa mencapai 864 kilometer per jam. Jarak jangkauannya maksimal sekitar 139 kilometer dari kapal dan 220 kilometer dari udara. Bisa berbeda tergantung modelnya. Kelebihan lainnya, Harpoon mudah dipindah-pindahkan.



Simak Video "Rudal Rusia Hantam Mal Ukraina, Warga Panik Nyebur ke Danau"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)