Bill Gates Ungkap Alasan Tidak Punya Uang Kripto

Bill Gates Ungkap Alasan Tidak Punya Uang Kripto

Fino Yurio Kristo - detikInet
Selasa, 24 Mei 2022 20:00 WIB
NEW YORK, NY - SEPTEMBER 27:  Bill Gates attends the Plenary Session: Investing in Prevention and Resilient Health Systems during the second day of the 2015 Clinton Global Initiatives Annual Meeting at the Sheraton New York Hotel & Towers on September 27, 2015 in New York City.  (Photo by JP Yim/Getty Images)
Bill Gates. Foto: Getty Images
Jakarta -

Bill Gates sudah cukup lama dikenal tidak mendukung mata uang kripto seperti Bitcoin dan tidak juga memilikinya. Kini, dia mengungkapkan apa alasannya.

"Aku tidak punya (uang kripto) apapun. Aku suka berinvestasi pada hal-hal yang punya output bernilai," kata dia dalam tanya jawab di forum reddit.

Dengan kata lain, Bill Gates menganggap Bitcoin tidak punya nilai yang bagus. Ia menganggap Bitcoin bukan investasi yang bermanfaat.

"Value perusahaan berdasarkan pada bagaimana mereka membuat produk yang bagus. Value kripto hanyalah apa yang diputuskan seseorang bahwa orang lain akan membayarnya, jadi tidak menambah manfaat di masyarakat seperti investasi lain," papar sang pendiri Microsoft.

Di masa silam, Bill Gates sudah sering mengkritik uang kripto. Kala itu tahun 2018. Bitcoin sudah lumayan populer, tapi kadang digunakan untuk transaksi narkoba. Selain itu menurut sang pendiri Microsoft, anonimitas mata uang digital bisa saja dimanfaatkan teroris dan pencucian uang.

"Fitur utama mata uang kripto adalah anonimitasnya. Aku pikir ini bukan hal baik. Pada saat ini, mata uang kripto digunakan untuk membeli fentanyl dan narkoba lainnya sehingga ini adalah teknologi langka yang menyebabkan kematian dalam cara yang cukup langsung," katanya kala itu seperti dikutip detikINET dari BBC.

Di tahun yang sama, Bill Gates juga berkomentar negatif terhadap mata uang kripto terutama Bitcoin. Bahkan ia mau saja bertaruh bahwa Bitcoin tidak akan sukses.

"Sebagai sebuah aset, Bitcoin tidak memproduksi apa-apa, dan kamu tidak seharusnya mengharapkan bahwa nilai Bitcoin akan terus naik. Ini seperti sebuah teori yang benar-benar bodoh dalam investasi," ujarnya.

Bill Gates juga tidak berminat punya bitcoin. "Seseorang pernah memberiku sejumlah Bitcoin sebagai kado ulang tahun, tapi aku menjualnya beberapa tahun setelahnya," ucapnya menambahkan.



Simak Video "Bill Gates Positif Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)