Sudah Rugi Miliaran Rupiah, Investor Terra Luna Ditangkap Polisi

Sudah Rugi Miliaran Rupiah, Investor Terra Luna Ditangkap Polisi

Fino Yurio Kristo - detikInet
Selasa, 24 Mei 2022 10:48 WIB
Do Kwon pencipta Terra Luna
Do Kwon, pencipta Terra Luna. Foto: BBC
Seoul -

Chancers adalah nama online pria asal Korea Selatan ini. Ia mengalami nasib sial, kehilangan uang miliaran dan ditangkap polisi hanya karena mengetuk pintu rumah pencipta aset kripo Terra Luna yang juga bermukim di Korsel.

Seperti diberitakan, Terra Luna yang awalnya dianggap sangat menjanjikan dan bulan silam sempat menyentuh angka USD 119, kini nilainya nyaris nol. Mata uang kripto lain seperti Bitcoin juga anjlok nilainya.

Dunia kripto memang sangat dinamis dan bisa naik turun drastis. Namun kejatuhan Terra Luna dan uang kripto lain sangat berdampak pada Chancers.

"Aku merasa akan mati. Aku kehilangan begitu banyak uang hanya dalam jangka waktu pendek. Sekitar USD 2,4 juta (Rp 35 miliar) dari uang kripto kepunyaanku lenyap," kata dia seperti dikutip detikINET dari BBC, Selasa (24/5/2022).

Chancers ini sudah berinvestasi ke uang kripto sejak tahun 2017 dan menjadi kaya raya dalam 5 tahun terakhir. "Di Korea ini aku berada di kategori 1% soal keuangan. Namun karena nilai kripto ambrol, kini aku berada dalam masalah," kata dia.

Chancers berinvestasi sekitar USD 800 ribu ke token digital Terra Luna. Ia tak menyangka nilai Terra Luna bisa anjlok begitu dalam hingga hampir tidak ada harganya. Pada 9 Mei, nilai Terra Luna anjlok 99% hanya dalam 2 hari.

Terra Luna diciptakan salah satunya oleh sosok Do Kwon. Pria berusia 30 tahun ini pun jadi sasaran kemarahan para investor Terra Luna. Chancers yang putus asa pun mencari cara lain menemuinya.

Karena tidak juga dibalas komunikasinya dengan Do Kwon, dia mencari alamat rumahnya melalui internet dan ketemu. "Aku ingin bertanya padanya tentang rencananya soal Terra Luna. Aku rugi besar dan ingin berbicara langsung padanya," tutur Chanchers.

Chancers pun pergi ke Seoul. Dia mengetuk pintu rumah Do Kwon, bahkan menyiarkan langsung kejadian itu secara online. Dia kecewa setelah istri Do Kwon mengatakan suaminya tidak ada di rumah.

Tak hanya itu, dia kemudian ditangkap polisi atas laporan sang istri pencipta Terra Luna. Media merekam bagaimana dia digelandang polisi dan diinterogasi.

Halaman selanjutnya, pencipta Terra Luna digugat >>>