Harga Kripto Luna Hancur, Tersebar Isu 8 Investor Bunuh Diri

Harga Kripto Luna Hancur, Tersebar Isu 8 Investor Bunuh Diri

Panji Saputro - detikInet
Jumat, 13 Mei 2022 18:59 WIB
People pass their time at a cafe which has dozens of screens showing the latest trends and prices on various cryptocurrencies for their crypto investors customers in Nakhon Ratchasima, Thailand January 21, 2022. Picture taken January 21, 2022. REUTERS/Soe Zeya Tun
Harga Kripto Luna Turun Drastis, Tersebar Kabar Hoax 8 Orang Bunuh Diri (Foto: REUTERS/SOE ZEYA TUN)
Jakarta -

Pasar Cryptocurrency dilanda badai kehancuran, termasuk harga mata uang kripto Terra (Luna) yang turun drastis hingga lebih dari 99%. Delapan orang investor pun dikabarkan bunuh diri karenanya.

Akan tetapi, setelah hasil investigasi yang mendalam, ternyata berita itu tidak berdasar alias hoax. Informasinya pun sudah sempat viral di media sosial, dan salah satu akun Twitter di Pakistan menjadi sumber pertama yang menyebarkannya, dilansir detikINET dari The Reporter Time, Jumat (13/5/2022).

Akun tersebut menjelaskan bahwa Luna anjlok menjadi USD 0,15 atau sekitar Rp 2 ribu, dari USD 120 atau sekitar Rp 1,7 juta hanya dalam waktu satu hari. Lalu juga menyertakan sebuah gambar yang menyisipkan keterangan ada delapan orang investor dilaporkan bunuh diri karena penurunan itu.

Kenyataannya, kejadian menghebohkan ini tidak nyata. Hanya saja, memang ada beberapa orang yang mengklaim, bahwa para investor sudah kehilangan seluruh tabungan hidup mereka gegara membeli Luna.

Sedikit informasi, goyangnya pasar Crypstocurrency memang sudah diperingatkan oleh para analis. Diperkirakan hal ini akan menimbulkan efek domino terhadap mata uang digital lainnya.

Luna sendiri menjadi sebuah kasus khusus untuk saat ini. Ia menjadi salah satu token kripto yang diperjualbelikan dengan menggunakan sistem blockchain, yang adalah merupakan sistem penyimpanan (bank data) digital dan terhubung dengan kriptografi.

Namun sayangnya, belakangan ini Luna trending karena nasib sial harus menimpanya. Selama lima hari terakhir, Luna harus kehilangan value dengan total senilai USD 25 miliar atau sekitar Rp 365 triliun.

Hal ini semakin membuat para analis khawatir. Mereka takut, efeknya berdampak pada mata uang digital lain. Bahkan saat ini, nilai Bitcoin jauh menurun menjadi hanya di kisaran USD 29 ribu atau sekitar Rp 424 juta, turun 18% selama lima hari terakhir, beriringan dengan Luna.



Simak Video "Walau Alami Penurunan, Developer yakin Harga Kripto Akan Tetap Bullish"
[Gambas:Video 20detik]
(hps/fay)