Sosok Orang Kepercayaan Elon Musk yang Bantu Ambil Alih Twitter

Sosok Orang Kepercayaan Elon Musk yang Bantu Ambil Alih Twitter

Virgina Maulita Putri - detikInet
Selasa, 10 Mei 2022 08:45 WIB
CEO, and chief engineer at SpaceX, Elon Musk and his mother, supermodel Maye Musk, arrive for the 2022 Met Gala at the Metropolitan Museum of Art on May 2, 2022, in New York. - The Gala raises money for the Metropolitan Museum of Arts Costume Institute. The Galas 2022 theme is
Sosok Orang Kepercayaan Elon Musk yang Bantu Ambil Alih Twitter Foto: AFP/ANGELA WEISS
Jakarta -

Elon Musk rupanya memiliki tangan kanan yang punya segudang tugas, termasuk mengurus harta kekayaannya dan membantu melancarkan proses pembelian Twitter senilai USD 44 miliar atau sekitar Rp 640 triliun.

Sosok tersebut adalah Jared Birchall. Pria berusia 47 tahun tersebut ditugaskan memimpin Excession LLC, perusahaan yang mengelola investasi dan kekayaan Musk senilai USD 264 miliar.

Birchall kabarnya memimpin diskusi dengan beberapa investor yang berkomitmen menyumbangkan USD 7 miliar untuk membantu Musk membeli Twitter. Sebagai mantan banker yang pernah bekerja di Merill Lynch dan Morgan Stanley, Birchall tentu sudah memiliki koneksi dengan bank dan investor.

Dana sebesar USD 7 miliar itu datang dari miliarder dan pendiri Oracle Larry Ellison, pemodal ventura Sequoia Capital, dan perusahaan kripto Binance. Orang dalam yang familiar dengan percakapan dengan Binance mengatakan Birchall merupakan sosok yang mengatur video chat untuk memuluskan kesepakatan tersebut.

Selain mengelola investasi dan keuangan Musk, Birchall juga bertugas mengurusi kehidupan pribadi dan profesionalnya yang padat. Ia bertugas untuk mengatur perjalanan Musk menggunakan pesawat pribadi begitu juga mencari bodyguard untuk keamanan bosnya.

Birchall juga ditugaskan untuk mencari pengasuh bagi anak-anak Musk. Seperti diketahui, Musk dan mantan kekasihnya Grimes dikaruniai dua orang anak. CEO SpaceX dan Tesla ini juga memiliki lima anak dari pernikahan sebelumnya dengan Justine Wilson.

Birchall juga membantu Musk mengurus empat perusahaan besutannya -Tesla, SpaceX, Neuralink, dan The Boring Company - serta portofolio real estate, termasuk properti di California. Nama Birchall juga tertulis sebagai CEO Neuralink, tapi untuk urusan legalitas dan ia tidak pernah terlibat dalam operasional perusahaan.

Untuk semua pekerjaannya, Birchall dikabarkan mendapatkan gaji antara USD 1 juta hingga USD 3 juta per tahun, seperti dikutip dari Bloomberg, Senin (9/5/2022).

Tidak hanya menjalankan urusan bisnis dan pribadi Musk, Birchall juga pernah diperintahkan mencari kejelekan lawan Musk. Salah satunya Vernon Unsworth, penyelam asal Inggris yang menggugat Musk atas penghinaan setelah disebut sebagai 'pedo guy'.

Unsworth membantu menyelamatkan anak-anak Thailand yang terperangkap di dalam gua pada tahun 2018, dan sempat mengejek ide Musk untuk menyelamatkan anak-anak tersebut menggunakan kapal selam SpaceX.



Simak Video "Elon Musk Tunda Kesepakatan Beli Twitter, Ini Alasannya"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/afr)