Pendiri Terra Luna Dikejar Otoritas Korea Selatan

Pendiri Terra Luna Dikejar Otoritas Korea Selatan

Virgina Maulita Putri - detikInet
Sabtu, 21 Mei 2022 19:30 WIB
Terra Luna
Pendiri Terra Luna Dikejar Otoritas Korea Selatan Foto: Terra Luna
Jakarta -

Do Kwon, pendiri stablecoin TerraUSD (UST) dan token Luna, terancam menghadapi gugatan hukum di Korea Selatan setelah nilai dua koin tersebut anjlok dan membuat investor kehilangan miliaran dolar dalam waktu singkat.

Kantor Kejaksaan Distrik Seoul Selatan mengatakan mereka telah meluncurkan investigasi terhadap Terraform Labs, organisasi di balik proyek stablecoin Terra yang dipimpin oleh Do Kwon.

Pengumuman ini terungkap sehari setelah lima investor kripto asal Korea melayangkan gugatan terhadap Kwon dan co-founder Terraform Labs Daniel Shin atas dugaan penipuan dan pelanggaran regulasi keuangan lainnya. Kelima investor itu mengalami total kerugian sebear 1,4 miliar Won (Rp 16,1 miliar).

Otoritas keuangan Korea Selatan memperkirakan ada sekitar 280.000 pengguna yang memiliki sekitar 70 miliar Luna di Korea.

"Desain dan penerbitan Luna dan Terra untuk menarik investor, tapi kegagalan untuk memberi tahu mereka dengan benar tentang kekurangannya, dan ekspansi penerbitan Luna yang tidak terbatas sama dengan menipu investor," kata perwakilan dari LKB & Partners, firma hukum yang mewakili kelima investor, seperti dikutip dari TechCrunch, Sabtu (21/5/2022).

Do Kwon juga kabarnya terancam dijatuhi denda sebesar USD 100 miliar karena menghindari pembayaran pajak pendapatan dan perusahaan.

Sebelum anjlok, UST digadang sebagai salah satu stablecoin yang paling menjanjikan. Berbeda dengan stablecoin lainnya yang nilainya dipatok berdasarkan uang fiat atau aset nyata lainnya, nilai UST dijaga dengan 'membakar' Luna yang merupakan token saudaranya.

Nilai Luna sendiri anjlok sampai 99% dalam waktu singkat dan kapitalisasi pasar UST terjun dari USD 19 miliar menjadi kurang dari USD 1 miliar. Pada 13 Mei kemarin nilainya hanya USD 0,000102 atau sekitar Rp 1,7. Padahal saat puncaknya pada bulan Apil, nilai Luna pernah menyentuh USD 119 per koin.



Simak Video "Sebelum Trading Kripto Pahami Bisnis Modelnya Dulu"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/afr)