Bos Tokopedia Masuk The Most Extraordinary Women Business Leaders 2022

Bos Tokopedia Masuk The Most Extraordinary Women Business Leaders 2022

Nada Zeitalini - detikInet
Rabu, 11 Mei 2022 13:21 WIB
Tokopedia
COO Tokopedia Melissa Siska Juminto (Foto: Tokopedia)
Jakarta -

Chief Operating Officer (COO) Tokopedia Melissa Siska Juminto menjadi salah satu yang berhasil masuk dalam The Most Extraordinary Women Business Leaders 2022 dari SWA. Selain Melissa, beberapa pimpinan perusahan perempuan lainnya yang juga menerima penghargaan ini adalah Wakil Direktur Utama Bank Mandiri Alexandra Askandar, CEO Danone Indonesia Connie Ang, Direktur Consumer Service PT Telkom Indonesia FM Venusiana, serta President Director & CEO PT XL Axiata Dian Siswarini.

Dalam penghargaan ini, bos Tokopedia itu berhasil meraih total nilai 89,38. Melissa menjadi peraih nilai kedua tertinggi dari 18 kandidat Most Extraordinary Women Business Leaders 2022. Adapun nilai tertinggi diraih Presiden Direktur PT Prodia Widyahusada Dewi Mulyati dengan total 89,81.

Hal yang mendorong Melissa meraih penghargaan tersebut adalah berbagai inovasi yang diberikan untuk perusahaannya. Di tengah terpaan badai pandemi, sebagai seorang COO, Melissa berupaya meluncurkan berbagai inisiatif yang membantu UMKM lokal bangkit di masa pandemi melalui marketing online. Selain mendorong berbagai tantangan eksternal, ia juga mengatasi berbagai isu di lingkup internal yang memperhatikan sisi para karyawan Tokopedia (Nakama).

Seperti saat memuncaknya kasus COVID-19 di Indonesia, Tokopedia mengambil jalan menerapkan work from home pada lebih dari 6.000 Nakamanya. Namun tidak hanya menjaga kesehatan fisik melainkan juga diadakan beberapa program untuk menjaga kesehatan mental para Nakama. Disediakan platform Nakama Wellbeing agar para Nakama dapat berkonsultasi dengan psikolog untuk meningkatkan motivasi. Tak hanya itu ada juga program Work Fun Home, sehingga memberikan pengalaman bekerja dari rumah yang lebih menyenangkan. Beberapa rangkaian kegiatan Work Fun Home diadakan rutin secara virtual diantaranya Nakama Got Talent, Nakama Cerdas Cermat, Positive Talks, dan Nakama eSport Competition.

"Dengan inisiatif ini, kami berharap Nakama dapat memiliki pengalaman bekerja dari rumah yang lebih menyenangkan dan produktif dengan memprioritaskan kesehatan masing-masing. Karena Tokopedia percaya kesuksesan strategi selalu dimulai dengan orangnya (the people) dan hasil bisnis selalu merupakan hasil dari tim di dalamnya," ujar Melissa dalam keterangan tertulis, Rabu (11/5/2022).

"Sebagai COO, saya bertanggung jawab atas keseluruhan operasional perusahaan yang meliputi operasional kantor, mengelola pertumbuhan bisnis perusahaan, hingga menjadi partner CEO dalam merumuskan arah bisnis dan kebijakan yang mengikutinya," imbuh Melissa.

TokopediaTokopedia Tower (Foto: Tokopedia)

Beberapa hal itulah yang mendorong Melissa sukses menjadi pimpinan perempuan Tokopedia yang membawanya masuk dalam The Most Extraordinary Women Business Leaders 2022 dari SWA. Adapun The Most Extraordinary Women Business Leaders 2022 merupakan penghargaan yang dinobatkan kepada kepada 18 pemimpin wanita di Indonesia.

Terdapat 3 tahap yang perlu dilalui selama proses pemilihan berlangsung. Tahap pertama dilakukan penjaringan daftar kandidat melalui desk research dengan kriteria diantaranya apa saja langkah-langkah terobosan yang berdampak signifikan terhadap perusahaan, kemudian apakah Perusahaan yang dipimpin menjalankan tata kelola perusahaan yang baik (GCG) serta menjunjung aspek keberlanjutan bisnis. Pada tahap kedua barulah para kandidat melakukan wawancara tertulis. Terakhir di tahap ketiga dilakukan penilaian dewan juri.



Simak Video "Dilayani Tokopedia Dongkrak Omzet UMKM Lokal"
[Gambas:Video 20detik]
(fhs/fay)